196 Madrasah Aliyah se-Jatim Terima Donasi Kuota XL Axiata

196 Madrasah Aliyah se-Jatim Terima Donasi Kuota XL Axiata Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Amin Mahfud saat memberikan sambutan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 196 Kepala Madrasah Aliyah (MA) se-Jawa Timur menerima donasi kuota dari salah satu penyedia operator telekomunikasi XL Axiata, di Aula Al Ikhlas setempat, Selasa (3/12).

Donasi diserahkan secara simbolis oleh Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit bersama Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Amin Mahfud.

Dalam sambutannya, Amin Mahfud mengatakan bahwa pemberian donasi ini merupakan bentuk sinergitas Ditjen Pendidikan Islam dengan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam penyaluran donasi kuota data ke madrasah.

"Madrasah harus membuat lompatan-lompatan besar agar bisa berada di depan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Kita memang harus berubah mengikuti perkembangan teknologi. Kita bukan mengejar ketertinggalan, tapi kita harus membuat lompatan-lompatan agar bisa berada di depan," ujarnya.

Kasi Sarana Prasarana Madrasah Kanwil Kemenag Prov Jatim Rahmawati menuturkan, saat ini hampir seluruh madrasah di Jawa Timur telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.

“Banyak madrasah kita sudah menggunakan TIK dalam pembelajaran, mulai dari penggunaan media belajar, ujian, hingga pelaporan hasil ujian raport sudah digital,” tuturnya.

Paket donasi Gerakan Donasi Kuota berupa fasilitas akses internet cepat lengkap dengan perangkat router dan kuota sebesar 20 GB per bulan selama satu tahun kepada setiap Madrasah Aliyah.

Mekanisme penyaluran donasi kuota akan dilakukan dengan menyertakan perangkat router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar.

Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap madrasah penerima donasi.

Untuk menjamin fasilitas yang disalurkan tepat guna dan sasaran, Kemenag Jatim menyediakan portal resmi registrasi online www.madrasah.go.id/madrasahdigital. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO