KPU Tuban Sosialisasikan Pilkada kepada Kaum Disabilitas

KPU Tuban Sosialisasikan Pilkada kepada Kaum Disabilitas Sosialisasi Pilkada terhadap 50 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban bertempat di Gedung Juang, Kamis (28/11).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 50 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban mendapatkan sosialisasi tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban di Gedung Juang, Kamis (28/11).

Para peserta yang tergabung dalam Organisasi Disabilitas (Orbit) Tuban itu mengaku lega karena ternyata masih mendapatkan perhatian dari pihak penyelenggara Pemilu di Kabupaten Tuban.

“Alhamdulillah dengan sosialisasi awal ini membuat kami lebih jelas tentang pelaksanaan pilkada di Tuban. Terima kasih kepada KPU yang telah memperhatikan kami,” ujar salah satu pengurus Orbit Tuban, Amir Mahfud.

Pihaknya meminta kepada penyelenggara pemilu untuk lebih memperhatikan para penyandang disabilitas. Khususnya saat pelaksanaan pemungutan suara. Karena, selama ini mereka terpaksa berbaur dan ikut mengantre bersama masyarakat umum.

“Kami minta untuk diberikan akses khusus sehingga tidak perlu antre bersama masyarakat lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zakiyah Munawaroh memastikan bahwa para penyandang disabilitas juga memiliki hak politik yang sama dengan masyarakat lainnya. Karena itu, mereka juga perlu mendapatkan informasi yang detail tentang proses pemilu di Kabupaten Tuban.

“Penyandang disabilitas ini juga memiliki hak pilih, jadi kita juga memberikan informasi yang sama kepada mereka,” pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO