Jumat, 07 Agustus 2020 16:21

Demi Bertemu Khofifah, Banser Jalan Kaki Ngawi-Surabaya

Kamis, 21 November 2019 16:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Demi Bertemu Khofifah, Banser Jalan Kaki Ngawi-Surabaya
Amas Ayudianto, anggota Banser asal Ngawi yang berjalan kaki dari Ngawi hingga Surabaya untuk bertemu Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Foto : istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) nekat jalan kaki dari Jl. Gubernur Suryo, Ngawi menuju Gedung Negara Grahadi yang terletak di Jl. Gubernur Suryo, Surabaya. Aksi yang dilakukan Amas Ayudianto itu dengan satu tujuan, untuk bertemu Ketua Umum Muslimat NU yang juga adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Amas mengaku akan menyampaikan pesan dari ibunya yang merupakan anggota Muslimat Ranting Bangunrejo Kidul, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Pesan itu harus ia sampaikan langsung kepada Khofifah. Karena itu, demi menjalankan amanah sang ibu, ia pun berangkat jalan kaki ke Surabaya.

"Saya ini dapat amanah dari ibu untuk disampaikan langsung kepada Ibu Khofifah sebagai Ibunya Muslimat sekaligus Ibunya warga Jawa Timur. Karena saya tidak punya uang, maka saya putuskan berjalan kaki dari Ngawi menuju Surabaya," ujar anggota Satkoryon Banser kedunggalar, Ngawi itu saat dihubungi lewat telepon, Kamis (21/11).

Pria berusia 40 tahun ini mengungkapkan, selain alasan biaya, ia memutuskan berjalan kaki dari Ngawi menuju Surabaya karena ada alasan lain. Alasannya adalah sebagai bagian syi'ar sebagai kader NU. Menurutnya, ini adalah caranya melakukan dakwah dengan membawa bendera merah putih dan bendera NU.

Dirinya bersyukur sepanjang perjalanan dari Ngawi menuju Surabaya, masyarakat yang ia lalui selalu menyambut hangat. Tak jarang mereka memberi minum dan bekal makan untuk di perjalanan.

"Bahkan saat di Jombang, ada warga yang dengan sukarela memijat saya. Ini membuktikan semangat persaudaraan dan gotong-royong di Jawa Timur masih sangat kental," tandasnya.

Amas yang berjalan mulai Senin (18/11) pagi, hingga Kamis (21/11) pagi sudah mencapai Kota Mojokerto. Karena itu diprediksi paling lambat Jumat (22/11) pagi, ia sudah sampai di Gedung Negara Grahadi yang merupakan tujuan akhirnya.

Dalam perjalanan yang menempuh jarak sekitar 200 KM itu, Amas memilih banyak berjalan malam hari hingga Shubuh. Sementara pagi hingga siang hari ia gunakan untuk beristirahat. Ia kembali berjalan pada sore hari ketika matahari mulai ke arah Barat.

"Kiai saya menyarankan agar saya berjalan kaki di malam hari. Karena saat malam itu cuacanya adem dan tidak terganggu dengan padatnya lalu lintas. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala, hanya kaki saja yang lecet," pungkasnya. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...