Rabu, 16 Juni 2021 06:01

Wali Kota Risma Terima Dua CSR Sekaligus di Hari Ultahnya

Rabu, 20 November 2019 22:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Wali Kota Risma Terima Dua CSR Sekaligus di Hari Ultahnya
Wali Kota Risma usai menerima kunci skywalker dan dump truck secara simbolis. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima dua hibah Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Bank BNI).

CSR dari Bank Jatim berupa mobil skywalker dan dump truck. Sedangkan CSR dari Bank BNI berupa mobil box. Serah terima ini secara simbolis berlangsung di Balai Kota Surabaya, Rabu (20/11), tepat di hari ulang tahun wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Pada kesempatan itu, Risma mengucapkan terima kasih kepada Bank Jatim yang sudah memberikan sumbangan berupa dump truk dan skywalker. Nantinya, skywalker ini akan digunakan untuk melakukan pembenahan Penerangan Jalan Umum (PJU), mengingat banyaknya peran PJU di kampung-kampung.

“Sebenarnya skywalker ini kan manfaatnya dua. Pertama untuk (membenahi, red) PJU dan yang kedua adalah untuk perantingan pohon. Apalagi saat ini cuacanya sangat luar biasa. Karena itu, kita butuh peralatan dan persiapan yang lebih matang,” katanya usai serah terima.

BACA JUGA : 

Pemkot Terus Berintervensi untuk Kembangkan UMKM di Surabaya

Warga Surabaya Usia 18 Tahun ke Atas Bisa Daftar Vaksin Secara Online

221 Meninggal, di Bangkalan Ditemukan Mutasi Varian Delta India, Forkopimda Bertindak Cepat

Jalan Ditutup, Pembongkaran 36 Stan dan Bangunan di Raya Darmo Indah Dijaga Ketat Petugas

Ia menjelaskan, dalam menghadapi cuaca saat ini, pihaknya memastikan telah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari perantingan pohon hingga mempersiapkan segala peralatan di 29 pos yang ada. “Jadi 29 pos ini siap menangani segala kemungkinan yang ada, dan kami sudah mempersiapkan itu,” jelasnya.

Sedangkan untuk bantuan dump truk, Risma menyebut nantinya bakal digunakan untuk membantu percepatan pengangkutan. Apalagi, saat ini masyarakat Kota Surabaya sering melakukan kerja bakti. Oleh karena itu, kendaraan ini dapat digunakan untuk pengangkutan barang-barang lain yang tidak bisa diangkut oleh mobil compactor.

“Karena kalau masyarakat kerja bakti isinya bermacam-macam. Kadang ada pengerukan saluran, ada kursi tamu, sofa, dan lainnya. Jadi kami angkutnya pakai dump truk,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemimpin Cabang Utama Bank Jatim, Johanes Koento mengatakan, penyerahan CSR ini sengaja diberikan bertepatan di hari ulang tahun Wali Kota Risma. Harapannya, agar di momentum ini Wali Kota Risma selalu mengingat Bank Jatim. “Memang sengaja bertepatan dengan ulang tahun beliau (wali kota), agar ibu selalu teringat kepada Bank Jatim,” kata Koento.

Koento mengungkapkan, setiap tahun Bank Jatim rutin mendukung program Pemkot Surabaya melalui CSR-nya. Bahkan tak tanggung-tanggung untuk tahun depan, pihaknya mengaku akan memberi bantuan dengan inovasi lain tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. “Tahun depan kita ada variasi lain sesuai dengan kebutuhan pemkot, yang penting semua untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Seusai menerima CSR dari Bank Jatim, Pemkot Surabaya kemudian menerima hibah CSR dari Bank BNI berupa satu unit mobil box. Penyerahan bantuan itu secara simbolis diterima oleh Wali Kota Risma.

Head of Region BNI Wilayah Surabaya, Muhammad Gunawan Putra mengatakan, mobil box ini digunakan untuk mengangkut laundry hotel yang bekerja sama dengan pemkot khususnya eks lokalisasi dolly. Tujuannya adalah berpartisipasi membangun perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kawasan eks lokalisasi,” kata Gunawan sapaan akrabnya.

Gunawan berharap, dengan adanya CSR mobil box ini dapat mempercepat proses pengangkutan hasil laundry dari hotel-hotel yang kerja sama dengan pemkot. “Karena dengan adanya mobil box ini bisa mempercepat proses pengangkutan hasil laundry yang kerjasama dengan Pemkot Surabya,” katanya.

Risma mengungkapkan, bantuan mobil box dari BNI 46 akan digunakan untuk membantu usaha laundry warga eks lokalisasi Dolly di Kecamatan Sawahan. Sebab, selama ini usaha warga eks lokalisasi Dolly yang difasilitasi pemkot itu ordernya terbilang banyak. “Sebetulnya kita butuh banyak (mobil box) untuk pengiriman,” kata Wali Kota Risma.

Kendati demikian, Risma bersyukur dengan bantuan satu unit mobil box tersebut. Ia berharap, mobil box ini bisa mempercepat proses pengiriman barang-barang yang dilaundry. Apalagi, jumlah laundry dari hotel biasanya banyak. “Biasanya kita tempatkan di satu lokasi,” katanya.

Selama ini, Pemkot Surabaya membantu menyiapkan ruangan yang digunakan sebagai tempat usaha laundry bersama. Usaha laundry tersebut tak dikelola perorangan, melainkan melalui koperasi. (ian/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...