Sabtu, 11 Juli 2020 07:21

Tim KKN Unnes Sosialisasikan Manfaat Bank Sampah di Desa Sidomulyo

Minggu, 17 November 2019 00:51 WIB
Editor: Redaksi
Tim KKN Unnes Sosialisasikan Manfaat Bank Sampah di Desa Sidomulyo
Amiroh, salah satu Tim KKN Unnes saat membuka sosialisasi di Balai Desa Sidomulyo, Selasa (5/11) lalu.

BATANG, BANGSAONLINE.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2019 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, mengadakan sosialisasi terkait Bank Sampah. Sosialisasi ini bertempat di Kantor Balai Desa Sidomulyo, Selasa (05/11/2019).

Melalui sosialisasi Bank Sampah ini, diharapkan bisa merubah pola pikir masyarakat agar lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Terutama masalah sampah yang sampai saat ini masih menjadi masalah utama di Desa Sidomulyo.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing dukuh di Desa Sidomulyo, ibu-ibu PKK, serta perangkat desa setempat.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini menghadirkan Fasoli selaku pakar dalam pengolahan sampah, sebagai narasumber. Diawali dengan pemaparan mengenai masalah sampah di Kabupaten Batang yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang.

Selanjutnya, Fasoli memaparkan betapa perlunya pengolahan sampah diterapkan di desa-desa. Sebab, masyarakat masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya pengolahan sampah yang ada. Masyarakat masih membuang sampah yang ada secara sembarangan. Hal itulah yang perlu dirubah.

Dalam paparannya, Fasoli menyampaikan manfaat yang bisa didapat warga dengan adanya pengolahan sampah. Salah satunya, dengan diterapkannya bank sampah.

“Bank Sampah ialah pemilahan sampah berdasarkan organik dan anorganik yang kemudian dikumpulkan dalam di satu tempat untuk dijual. Penerapan bank sampah akan mengubah kebiasaan buruk masyarakat mengenai sampah sedikit demi sedikit,” terangnya.

“Ketika diterapkan sistem pengolahan sampah ini di desa, akan membuat pembuangan sampah di desa lebih tertib. Selain itu, dari segi ekonomi akan membantu meningkatkan perekonomian warga,” paparnya.

Tim KKN Unnes berharap program sosialisasi seperti ini dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, terutama masyarakat Desa Sidomulyo. (*/red)

Sumber: KKN Unnes
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...