Pilbup Jember 2020: Djoko Kembalikan Formulir Bacabup ke Gerindra Diantar Ratusan Pendukungnya

Pilbup Jember 2020: Djoko Kembalikan Formulir Bacabup ke Gerindra Diantar Ratusan Pendukungnya Djoko Susanto (tengah berkacamata) menyerahkan berkas pendaftaran bakal cabup di DPC Gerindra Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Tokoh masyarakat Djoko Susanto (Djo's) mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon bupati (cabup) ke kantor DPC Gerindra Jember di Komplek Perumahan Nusantara, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Kamis (14/11). 

Ia datang ke kantor DPC Gerindra diantar ratusan pendukungnya. Di antaranya dari 31 PAC Partai Nasdem, PKB, Partai Berkarya, Perindo, Ormas Pemuda Pancasila (PP), Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Barisan Pemuda Ansor (Banser), Garda Bangsa, dan Forum Komunikasi Pemuda Kebonsari Bersatu (FKPKBS).

Bahkan saking banyaknya orang yang mengawal, terlebih didampingi beberapa partai dan ormas, pria yang murah senyum menganggap dirinya juga sedang melakukan semi deklarasi calon bupati.

Diketahui sebelumnya, Djoko Susanto juga telah mengembalikan formulir ke beberapa partai yang membuka penjaringan bacabup. "Alhamdulillah siang ini, beliau (Djoko Susanto) ini, sebelumnya sudah mengambil formulir, dan hari ini mengembalikan sesuai mekanisme dan aturan yang ada," kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Anwari usai menerima formulir, Kamis siang (14/11/2019).

Selanjutnya, kata Anwari, para calon masih akan mengikuti tahapan berikutnya sembari menunggu petunjuk DPW dan DPP. "Yakni mengirimkan calon bupati dan wakilnya ke DPP. Setelah itu 3 orang yang kami rekom nantinya dipanggil dan ditentukan oleh DPP. Saat ini Gerindra ada 7 kursi, jadi sudah 14 persen, kurang 6 persen untuk mencapai kuota 20 persen," ungkapnya.

Untuk memenuhi kuota itu, Gerindra akan menggandeng partai lain. "Sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh PKPU," katanya.

"Dengan yang ada sekarang, Pak Djoko sudah seperti semi deklarasi ya," celetuknya menambahkan.

Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi mengungkapkan, pengawalan yang dilakukan sejumlah partai dan ormas itu sudah direncanakan sebelumnya dalam pertemuan di salah satu hotel di Jember, beberapa waktu lalu.

"Sesuai dengan pertemuan beberapa waktu lalu. Istilahnya Islam, kalau haji itu ambil Miqadnya, jadi di hotel itu kemarin, ada Gerindra, ada PKB, Perindo, dan Berkarya. Intinya satu suara untuk Jember yang penyakitnya akut dan perlu diperbaiki bersama. Bahkan ada dukungan dari teman-teman 31 PAC Nasdem, jadi tambah besar untuk bersama mengusung Pak Djoko bupati di Jember. Bahkan pertemuan seperti ini bisa dilakukan di kantor PKB, Perindo, Berkarya, dan Nasdem, untuk kepentingan bersama, dan kesampingkan ego yang ada," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO