Rabu, 11 Desember 2019 05:17

Pemkab Pasuruan Pastikan Tak Ada Pemotongan Dana Program BSPS

Selasa, 12 November 2019 20:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Pemkab Pasuruan Pastikan Tak Ada Pemotongan Dana Program BSPS
Data program BSPS di 3 kecamatan yang sudah digulirkan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pasuruan melakukan kroscek di lapangan terkait isu adanya dugaan pemotongan dana bantuan kepada masyarakat miskin dalam program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). Pemotongan itu dikabarkan mencapai hingga ratusan ribu rupiah.

Kepala Disperkim Pasuruan Ir. Haryaprianto mengakui sudah mendengar soal kabar dugaan pemotongan dana program bedah rumah di Desa Gerbo Kecamatan Purwodadi. Tapi, setelah dilakukan pengecekan/investigasi lapangan, hasilnya tidak ditemukan kabar miring tersebut.

"Kita sudah cek di lapangan serta mengonfirmasi para pendamping di Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, soal pemotongan itu tidak ada," jelas Hari, sapaan Haryaprianto saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (12/11).

Ia menegaskan akan memberikan sanksi tegas bagi para pendamping yang berani melakukan pungutan kepada masyarakat yang mendapat program tersebut. Sebab, program tersebut memang gratis. 

"Masyarakat yang mendapatkan program bedah rumah tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jika memang ada petugas yang melakukan pungutan maka, masyarakat diminta untuk segera melaporkan," tambahnya.

Pada tahun 2019 ini, Pemkab Pasuruan mendapat program BSPS dari pemerintah pusat Rp 6,15 miliar untuk pembangunan 350 unit di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Puspo 95 unit (3 desa: Janjangwulung 30 unit, Palangsari 30 unit, dan Kemiri 35 unit).

Kecamatan Winongan 189 unit (2 desa: Sumberrejo 135 unit dan Jeladri 54 unit) dan Kecamatan Purwodari (1 desa: Desa Gerbo 66 unit). Di mana untuk tiap unitnya dianggarkan Rp 17,5 juta. Untuk pembangunan fisik memang disyaratkan menggunakan pembesian/tukangan.

Untuk menghindari penyalahgunaan uang bantuan, Disperkim mensyaratkan pengadaan material bangunan bekerja sama dengan dengan toko bangunan di desa setempat dan telah disepakati oleh penerima bantuan.

"Saat ini program pengerjaan fisik sudah mencapai 35 persen lebih. Ditargetkan akhir bulan Desember sudah rampung semuanya," tambah mantan kepala PU Bina Marga ini. (bib/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...