Berikan Trauma Healing Korban Ambruknya Sekolah, Jajaran Pemkot Pasuruan Kenakan Kostum Superhero

Berikan Trauma Healing Korban Ambruknya Sekolah, Jajaran Pemkot Pasuruan Kenakan Kostum Superhero Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno tampak sedang memakai kostum Iron Man.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan memberikan trauma healing bagi anak-anak korban ambruknya 4 ruang kelas di SDN 1 Gentong, di Madrasah Diniyah Al-Islamiyah Jalan Kyai Sepuh Gang 21 Gentong Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Senin (11/11).

Trauma healing ini bentuknya dengan memberikan hiburan menyanyi, menari, berjoget serta dukungan secara psikis untuk meminimalisir dampak traumatis yang dihadapi pasca musibah.

Dalam melaksanakan trauma healing tersebut, Plt. Wali Kota Pasuruan R. Teno Prasetyo, Sekdakot, beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Kota Pasuruan mengenakan berbagai jenis kostum pahlawan super (superhero). 

Musibah ambruknya 4 ruang kelas (kelas II A, II B, V A, V B) yang melanda UPT Sekolah Dasar Negeri 1 Gentong Jalan K.H. Sepuh Nomor 49 Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, membawa trauma tersendiri bagi para siswa.

Musibah yang terjadi pada Selasa (5/11) sekitar pukul 08.30 WIB ini menyebabkan beberapa siswa dan guru terluka. Bahkan 1 guru dan 1 siswi meninggal dunia.

Mereka yakni guru atas nama Sevina Arsy Wijaya (19) dan siswi yang bernama Irza Almira (8). Keduanya meninggal setelah tertimpa puing-puing reruntuhan bangunan waktu mengikuti proses belajar mengajar di dalam ruang kelas.

"Musibah yang terjadi pada anak-anak memang akan meninggalkan trauma mendalam. Perlu penanganan tepat untuk mengobati trauma ini jika ingin mereka tumbuh dengan baik," ujar Plt. Wali Kota Teno.

Menurut Teno, kegiatan trauma healing mempunyai banyak manfaat bagi siswa-siswi, antara lain menghilangkan beban di pikiran, membuat bahagia, menjadi pribadi yang lebih ikhlas, menjadi semangat kembali, membuat hati tenang, dan tenteram, serta lebih peka untuk menyikapi keadaan yang ada.

Perlu diketahui, trauma healing adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma yang ada. Di sisi lain, healing trauma adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang mengalami gangguan dalam psikologisnya yang diakibatkan syok atau trauma. (ard/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO