Selasa, 31 Maret 2020 16:43

​Kapolsek Senori Bantu Bimbing Murid SD Belajar Salat di Langgar Al Amman

Senin, 11 November 2019 21:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
​Kapolsek Senori Bantu Bimbing Murid SD Belajar Salat di Langgar Al Amman
Kapolsek Senori Musa sedang membantu salah satu murid SD mengenakan sarung.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Langgar biasa disebut masyarakat di desa atau nama lainnya adalah surau atau mushola. Langgar merupakan tempat atau rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai tempat mengaji dan salat bagi umat Islam.

Langgar ini dinamakan Al Amman yang artinya keamanan bisa juga diartikan sentosa. Nama ini memiliki tujuan memberikan rasa aman kepada warga Kecamatan Senori. Karena doa-doa yang dipanjatkan oleh setiap warga yang beribadah di langgar Al Amman.

Berdiri di lingkungan Polsek Senori sejak tahun 1985, langgar ini masih tampak sederhana sekali dengan bahan semua dari kayu. Namun, keberadaan langgar ini sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat sekitar kantor polsek, utamanya oleh murid-murid SDN 1 Sendang, Kecamatan Senori.

Sebab, pada saat pelajaran Agama Islam tentang salat berjamaah pasti menggunakan langgar ini sebagai tempat untuk mengajarkan tata cara berwudhu dan tata cara salat berjamaah.

Meski sudah ada guru pendamping dari sekolah, namun hal ini tidak lantas membuat kapolsek Senori berdiam diri. Kapolsek dengan sabar ikut membantu mengajarkan bagaimana cara berwudhu yang benar. Bahkan, tanpa canggung pula perwira dengan tiga balok di pundak ini ikut membantu anak-anak mengenakan sarungnya.

Di akhir salat berjamaah, perwira polisi kelahiran Ngawi ini memberikan arahan pada anak-anak tentang berbagai hal-hal yang bersifat positif. Seperti bertindak sopan dan santun kepada orang yang lebih tua.

"Mereka adalah generasi penerus kita, untuk itu dari sejak dini harus kita tanamkan keimanan dihati mereka," ungkap Musa, begitu sapaan akrabnya.

Kata dia, mungkin dengan cara sederhana tersebut bisa membangun hubungan baik secara emosional dengan anak-anak.

"Saya berharap mereka jadi anak yang sholeh sholehah yang memiliki keimanan kuat. Sehingga, terbentengi dari paham-paham yang salah dan menyesatkan," harapnya. (wan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...