Minggu, 19 Januari 2020 22:21

Kota Blitar Tak Luput dari Kekeringan, Pemkot Lakukan Dropping Air Bersih

Minggu, 10 November 2019 14:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kota Blitar Tak Luput dari Kekeringan, Pemkot Lakukan Dropping Air Bersih
Petugas PBD Kota Blitar saat mendistribusikan air bersih ke sejumlah kelurahan di Kecamatan Kepanjenkidul.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Panjangnya musim kemarau tahun ini berdampak bagi warga Kelurahan Ngadirejo dan Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Sebagian warga Kelurahan Ngadirejo kekurangan air bersih karena sumurnya kering.

Kepala Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan kekurangan air bersih akibat kemarau baru pertama kali ini terjadi di Kota Blitar.

Akibat mengeringnya sumur warga ini, setidaknya ada 16 KK di Kelurahan Ngadirejo dan 11 KK di Kelurahan Sentul kekurangan air bersih.

"Untuk mengatasi hal ini, setiap hari PBD mengirim tiga tangki air bersih ke warga di Kelurahan Ngadirejo dan Sentul. Satu tangki berisi 5.000 liter air bersih," ungkap Hakim Sisworo, Ahad (10/11/2019).

Hakim tidak membantah jika dampak dari kemarau panjang di Kota Blitar memang meluas. Sebelumnya, pihaknya mendapatkan laporan jika kekurangan air bersih hanya dialami warga Kelurahan Sentul saja. Namun, terakhir meluas hingga Kelurahan Ngadirejo.

Hakim meminta, pemerintah di Kelurahan Ngadirejo dan Sentul untuk terus mendata warganya yang mengalami kekurangan air bersih. Ia juga meminta kelurahan lain untuk segera melapor jika ada warganya yang mulai susah mendapatkan air bersih.

"Kalau ada yang kekurangan segera lapor ke kami agar segera mendapatkan dropping air bersih," kata Hakim.

Sementara Ketua RT 1 RW 3 Kelurahan Ngadirejo, Yayuk mengatakan sebagian warga di lingkungannya mulai mengalami kekeringan sejak sebulan yang lalu. Beberapa warga sempat mengeruk sumur dan menurunkan pompa air agar sumber airnya muncul lagi. Namun yang didapat justru air keruh yang tidak bisa dikonsumsi.

Sebelum mendapatkan dropping air dari Pemkot Blitar, warga yang kekurangan air bersih biasanya mendapatkan bantuan dari warga yang sumurnya masih bisa dimanfaatkan. "Karena semakin hari semakin banyak yang sumurnya kering, akhirnya kami lapor ke Pemkot," paparnya. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...