Jumat, 15 November 2019 00:02

Biaya Pendidikan Mahal, SMAN Mojosari Gratiskan Biaya Pendidikan Personal

Jumat, 08 November 2019 13:46 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Biaya Pendidikan Mahal, SMAN Mojosari Gratiskan Biaya Pendidikan Personal
Pelajar SMAN Mojosari setelah mengikuti proses pembelajaran di luar kelas.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meski saat ini SPP sekolah mulai dari SD hingga SMA gratis, namun tak jarang orang tua masih harus mengeluarkan biaya pendidikan personal yang tak kalah mahalnya. Biaya personal ini yang kadang memberatkan bagi siswa yang tidak mampu.

Namun, tidak demikian bagi murid yang sekolah di SMA Negeri Mojosari Kabupaten Mojokerto. Sekolah menggratiskan juga biaya personal bagi siswa yang tidak mampu. Hal itu disampakan Humas SMA Negeri Mojosari Bambang R.

“Semua pelajar SMA Negeri Mojosari berhak mendapatkan pendidikan yang layak di semua bidang. Meskipun anggaran program pendidikan gratis dari Pemprov Jatim sudah turun di masing-masing Sekolah Menengah Atas, namun masih banyak biaya personal pelajar yang harus dikeluarkan para orang tua murid,” ujar Bambang.

Biaya itu seperti karyawisata pelajar dan program ekstrakurikuler. Dari 1.238 pelajar, SMA Negeri Mojosari telah memberikan program pendidikan gratis personal kepada 200 siswa. Diharapkan, semua pelajar sekolah ini, dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik berprestasi di segala bidang.

Bambang juga mengatakan, SMAN Mojosari terus memperbaiki mutu pendidikan dan memberikan perhatian lebih kepada peserta didik dengan membebaskan seluruh biaya sekolah bagi warga kurang mampu. Pembebasan biaya sekolah tersebut, sebagai solusi untuk membantu orang tua.

"Walaupun banyak kendala yang dihadapi, namun pihak sekolah terus mencari terobosan atau solusi, seperti melalui komite sekolah mengumpulkan wali murid yang mampu untuk membantu secara sukarela untuk menunjang kualitas pendidikan," jelas dia, Jumat (8/11).

Selvi salah satu pelajar SMAN Mojosari mengatakan, sangat menyambut baik program dari sekolah yang menggratiskan seluruh biaya personal bagi pelajar yang tidak mampu.

"Saya sangat senang, karena teman-teman saya yang tidak mampu dapat program ini, sehingga mereka bisa belajar dengan tenang dan berkarya," kata Selvi. (ris/ns)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...