Peringati Hari Jadi, Pemkab Tuban Gelar Siraman Waranggono

Peringati Hari Jadi, Pemkab Tuban Gelar Siraman Waranggono Wabup Tuban saat melakukan ritual siraman kepada para waranggono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Prosesi Siraman Langen Tayub tahun 2019 ini nampak berbeda dengan gelaran di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sebelum siraman berlangsung Pemkab mengkirab puluhan Waranggono dari Alun-alun kabupaten menuju tempat berlangsungnya siraman di pemandian Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten , Rabu (6/11).

Dengan menaiki kereta kuda, sebanyak 80 Waranggono, 55 Pramugari, 45 pimpinan karawitan, diberangkatkan dan diarak dari pusat kota menuju ke lokasi siraman. Nampak antusiasme yang sangat luar biasa dari masyarakat disetiap jalur yang dilalui arak-arakan kirab.

Wakil Bupati , Noor Nahar Hussein mengatakan, kesenian Langen Tayub menjadi ciri khas yang akan terus dilestarikan. Kabupaten menjadi sentra seniman Langen Tayub di Jawa Timur, selain Kabupaten Nganjuk, dan Madiun. Kegiatan ini menjadi wahana edukasi bagi masyarakat.

"Khususnya bagi generasi muda sebagai langkah awal untuk regenerasi seniman dan budayawan Langen Tayub di Kabupaten ," ungkap wabup dalam sambutannya.

Lebih lanjut, wabup menekankan komitmen pemkab dalam mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten . Salah satunya, dengan menyusun Raperda tentang kebudayaan. Dirinya mengimbau agar dalam pembahasannya turut melibatkan Dewan Kesenian Daerah (DKD), pelaku seni, dan budayawan, sehingga mampu mengakomodir semua kepentingan.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO