Minggu, 17 November 2019 12:42

Peringati Hari Jadi, Pemkab Tuban Gelar Siraman Waranggono

Rabu, 06 November 2019 18:14 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Peringati Hari Jadi, Pemkab Tuban Gelar Siraman Waranggono
Wabup Tuban saat melakukan ritual siraman kepada para waranggono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Prosesi Siraman Langen Tayub tahun 2019 ini nampak berbeda dengan gelaran di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sebelum siraman berlangsung Pemkab Tuban mengkirab puluhan Waranggono dari Alun-alun kabupaten menuju tempat berlangsungnya siraman di pemandian Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Rabu (6/11).

Dengan menaiki kereta kuda, sebanyak 80 Waranggono, 55 Pramugari, 45 pimpinan karawitan, diberangkatkan dan diarak dari pusat kota menuju ke lokasi siraman. Nampak antusiasme yang sangat luar biasa dari masyarakat disetiap jalur yang dilalui arak-arakan kirab.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, kesenian Langen Tayub menjadi ciri khas Tuban yang akan terus dilestarikan. Kabupaten Tuban menjadi sentra seniman Langen Tayub di Jawa Timur, selain Kabupaten Nganjuk, dan Madiun. Kegiatan ini menjadi wahana edukasi bagi masyarakat.

"Khususnya bagi generasi muda sebagai langkah awal untuk regenerasi seniman dan budayawan Langen Tayub di Kabupaten Tuban," ungkap wabup dalam sambutannya.

Lebih lanjut, wabup menekankan komitmen pemkab dalam mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Tuban. Salah satunya, dengan menyusun Raperda tentang kebudayaan. Dirinya mengimbau agar dalam pembahasannya turut melibatkan Dewan Kesenian Daerah (DKD), pelaku seni, dan budayawan, sehingga mampu mengakomodir semua kepentingan.

"Berbagai potensi wisata kebudayaan dan kesenian harus terus dikembangkan, sehingga kabupaten Tuban menjadi salah satu jujukan destinasi wisata kesenian di Jawa Timur," tutur pria kelahiran Rengel ini.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Sulistiyadi menerangkan, kegiatan ini menjadi rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-726. Kegiatan yang rutin digelar tiap tahunnya dimaksudkan untuk mengembangkan potensi seni sebagai aset penting Kabupaten Tuban.

"Selain itu, sebagai wahana untuk meningkatkan SDM pelaku seni di Bumi Wali dan sarana edukasi dan rekreasi masyarakat," ujarnya.

Salah satu peserta siraman, Dita Aulia (13) mengaku telah menggeluti kesenian waranggono dimulai sejak usia dini. Kecintaannya pada seni karawitan itu didapatkan turun dari darah sang ibundanya yang juga berprofesi sebagai waranggono senior.

“Ada rasa bangga dapat menjadi bagian dari seniman sekaligus melestarikan budaya asli daerah. Semoga dapat meningkatkan ilmu yang telah dipelajari dan siap menghibur masyarakat,” ucap perempuan kelahiran Kediri itu. (gun/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...