Bakar Ribuan Terong dan Liwetan Akbar, Santri Lamongan Catatkan Rekor MURI

Bakar Ribuan Terong dan Liwetan Akbar, Santri Lamongan Catatkan Rekor MURI Para santri sedang bakar ribuan terong di halaman ponpes Al Fatimiyah, Banjaranyar, Paciran, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE. com - Dalam rangkaian peringatan (HSN) 2019 di Lamongan, ribuan santri Lamongan mencatatkan rekor MURI dengan dalam gerakan membakar ribuan terong dan liwetan akbar yang merupakan tradisi dan budaya khas di pondok pesantren.

Pengasuh Ponpes Al Fatimiyah H. Abdullah Adib Haad, M.Pd kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, ada sebanyak 4.444 terong dibakar ribuan santri di halaman Ponpes Al Fatimiyah, Banjaranyar, Paciran, Lamongan.

"Kami punya ide untuk membakar terong yang merupakan makanan khas Lamongan dalam menyemarakkan 2019. Sebanyak 8.000 santri di Pantura memeriahkan liwetan akbar dan membakar ribuan terong," ungkap Gus Adib panggilan akrab H. Abdulloh Adib Haad, M.Pd, Sabtu (26/9) siang.

"Kami mengambil tradisi pesantren ini dan alhamdulillah santri di Lamongan mampu mencatatkan dan memecahkan rekor MURI," jelas dia.

"Selain itu, peringatan hari santri di Lamongan menjadi spesial, sebab kita tidak hanya soal pecahnya rekor MURI, namun kita juga melantunkan salawat Nariyah. Para santri saat membakar terong juga dibarengi dengan lantunan salawat Nariyah dengan hajat supaya negara ini tetap rukun, amandan damai," kata Gus Adib.

Ariyani Siregar, S.E., Senior Manager MURI Indonesia yang mewakili Ketua Umum MURI mengumumkan karsa, karya, dan prestasi bakar terong terbanyak. "Rekor ini resmi kami catat di MURI dengan urutan rekor yang ke-9.255 dan sebagai bukti atas prestasi di MURI, kami menganugerahkan piagam penghargaan kepada pemrakarsa," ungkap dia.

Sementara pada agenda Liwetan Akbar yang dilaksanakan Sabtu (26/10) malam harinya, dibarengi dengan pemberian ijazah kitab-kitab karya Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari oleh KH. Zaki Hadzik, cucu dari Mbah Hasyim.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Rais Syuriah PCNU Lamongan KH Salim Azhar dan ketua PCNU Lamongan H. Supandi dan para pengasuh pondok pesantren beserta kepala madrasah di lingkungan LP Ma'arif NU. (qom/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO