Jumat, 14 Agustus 2020 02:59

Bakar Ribuan Terong dan Liwetan Akbar, Santri Lamongan Catatkan Rekor MURI

Sabtu, 26 Oktober 2019 15:16 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Nur Qomar
Bakar Ribuan Terong dan Liwetan Akbar, Santri Lamongan Catatkan Rekor MURI
Para santri sedang bakar ribuan terong di halaman ponpes Al Fatimiyah, Banjaranyar, Paciran, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE. com - Dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Lamongan, ribuan santri Lamongan mencatatkan rekor MURI dengan dalam gerakan membakar ribuan terong dan liwetan akbar yang merupakan tradisi dan budaya khas di pondok pesantren.

Pengasuh Ponpes Al Fatimiyah H. Abdullah Adib Haad, M.Pd kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, ada sebanyak 4.444 terong dibakar ribuan santri di halaman Ponpes Al Fatimiyah, Banjaranyar, Paciran, Lamongan.

"Kami punya ide untuk membakar terong yang merupakan makanan khas Lamongan dalam menyemarakkan Hari Santri Nasional 2019. Sebanyak 8.000 santri di Pantura memeriahkan liwetan akbar dan membakar ribuan terong," ungkap Gus Adib panggilan akrab H. Abdulloh Adib Haad, M.Pd, Sabtu (26/9) siang.

"Kami mengambil tradisi pesantren ini dan alhamdulillah santri di Lamongan mampu mencatatkan dan memecahkan rekor MURI," jelas dia.

"Selain itu, peringatan hari santri di Lamongan menjadi spesial, sebab kita tidak hanya soal pecahnya rekor MURI, namun kita juga melantunkan salawat Nariyah. Para santri saat membakar terong juga dibarengi dengan lantunan salawat Nariyah dengan hajat supaya negara ini tetap rukun, amandan damai," kata Gus Adib.

Ariyani Siregar, S.E., Senior Manager MURI Indonesia yang mewakili Ketua Umum MURI mengumumkan karsa, karya, dan prestasi bakar terong terbanyak. "Rekor ini resmi kami catat di MURI dengan urutan rekor yang ke-9.255 dan sebagai bukti atas prestasi di MURI, kami menganugerahkan piagam penghargaan kepada pemrakarsa," ungkap dia.

Sementara pada agenda Liwetan Akbar yang dilaksanakan Sabtu (26/10) malam harinya, dibarengi dengan pemberian ijazah kitab-kitab karya Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari oleh KH. Zaki Hadzik, cucu dari Mbah Hasyim.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Rais Syuriah PCNU Lamongan KH Salim Azhar dan ketua PCNU Lamongan H. Supandi dan para pengasuh pondok pesantren beserta kepala madrasah di lingkungan LP Ma'arif NU. (qom/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...