3.271 Personel Polda Jatim Diterjunkan Dalam Operasi Zebra Semeru 2019

3.271 Personel Polda Jatim Diterjunkan Dalam Operasi Zebra Semeru 2019 Dirlantas Polda Jatim, Kombes Budi Indra Dermawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 di Mapolda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 3.271 personel Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan diterjunkan dalam Operasi Zebra Semeru yang dilaksanakan mulai Rabu (23/10) hari ini hingga 5 November 2019.

Dirlantas , Kombes Budi Indra Dermawan menyebut, ribuan personel itu terbagi dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) yang memiliki kewenangan masing-masing, mulai dari Satgas deteksi hingga penegakkan hukum.

"Jadi ada beberapa Satgas, Satgas deteksi memberikan informasi tentang Kamseltibcarlantas yang terjadi sebelumnya. Setelah itu, ada Satgas Preemtif, Preventif, Penegakan Hukum, dan Bantuan Operasi," tutur Dirlantas usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 di Mapolda Jatim.

Budi juga mengatakan, pihaknya akan tetap mengedepankan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas selama pelaksanaan operasi. Hal ini berbeda dengan giat operasi serupa, yang sebelumnya pernah digelar dengan sandi Operasi Patuh Semeru yang lebih cenderung pada pembinaan.

Selain petugas polisi lalu lintas, kata Budi, operasi juga melibatkan pasukan dari instansi samping. Yakni, dari unsur TNI maupun petugas Dishub Jatim. "Nanti dibantu oleh Pom TNI dan Dinas Perhubungan," tandasnya.

Dalam Operasi Zebra Semeru 2019, petugas akan memprioritaskan penindakan delapan jenis pelanggaran lalu lintas. Antara lain, bagi kendaraan yang melanggar batas kecepatan, pengendara yang tak memakai sabuk pengaman, kendaraan tanpa surat-surat.

“Kemudian, kendaraan melawan arus, pengendara yang kedapatan berada dibawah pengaruh alkohol, tidak memakai helm standar SNI, pengendara di bawah umur dan menggunakan HP saat berkendara,” pungkasnya. (ana/dur)

(Foto bersama usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 di Mapolda Jatim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO