Kamis, 12 Desember 2019 04:42

Ditinggal Nikah Istri Siri, Warga Kartoharjo Minta Keadilan ke PA Nganjuk

Selasa, 22 Oktober 2019 22:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Ditinggal Nikah Istri Siri, Warga Kartoharjo Minta Keadilan ke PA Nganjuk
Kepala KUA Kecamatan Bagor Mashuri saat dimintai keterangan. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Jarwono, warga Lingkungan Puyang, Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk ini harus menelan pil pahit.

Ia merasa dirugikan sekaligus sakit hati setelah istri sirinya Lilik Imayati, warga Dusun Manyungrejo, Desa Bagor Kulon melakukan pernikahan lagi dengan orang lain bernama Jazuli melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk.

Menganggap pernikahan sirinya dengan Lilik masih sah dan belum pernah cerai, Jarwono berencana akan menempuh jalur hukum melalui pengadilan agama (PA).

"Saya akan tempuh jalur hukum karena saya masih sah dan belum cerai (dengan Lilik, Red)," kata Jarwono kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (22/10).

Menurutnya, hal ini dilakukan karena jika akan melaksanakan nikah maka harus ada hasil putusan Pengadilan Agama terkait perceraian nikah sirinya, baru bisa nikah lagi di KUA dengan orang lain.

Di sisi lain, Kepala KUA Kecamatan Bagor Mashuri, justru mengatakan pernikahan sirih Jarwono dan Lilik lah yang dianggapnya tidak sah. Sebab, pernikahan Jarwono dan Lilik tak tercatat di KUA.

"Wajar jika Lilik dan Jazuli melaksanakan pernikahan yang tercatat di KUA. Saya anggap pernikahan sirihnya Lilik dengan Jarwono tidak sah, makanya saya selaku penghulu berani menikahkan Lilik dengan Jazuli," kata Mashuri.

Ia juga mengutip UU No.1 Tahun 1974 tentang pernikahan, bahwa pada pasal satu berbunyi perkawinan dianggap sah bila dilakukan seauai hukum Agama dan Hukum Adat. Sedangkan di pasal dua, pernikahan itu harus dicatatkan di KUA atau negara.

"Saya berpedoman bahwa pernikahan yang tercatat di KUA, ya itu yang sah," terangnya.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk Taufik saat dikonfirmasi terkait permasalahan ini mengaku akan mempelajari dulu hal tersebut.

"Benar saya menerima laporan Jarwono, tapi saya belum bisa mengambil kesimpulan. Ya mungkin besok (23/10)," kata Taufik. (bam/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...