Jatim Specta Carnival 2019 di Situbondo Berlangsung Meriah

Jatim Specta Carnival 2019 di Situbondo Berlangsung Meriah

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Parade seni budaya Jatim Specta Night Carnival yang digelar di Alun-alun Situbondo, Sabtu (19/10) malam berlangsung meriah. Parade seni budaya ini diikuti oleh 30 kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Terdapat dua hal mengapa acara ini dilaksanakan. Satu sisi mempersatukan seni budaya dan di sisi lain tuan rumah semakin dikenal," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak saat membuka acara Jatim Specta Night Carnival 2019.

Tari Landhung khas Situbondo menjadi suguhan pembuka dalam ajang ini dan mendapat apresiasi dari wagub. Tari Landhung ini menggambarkan garis pantai terpanjang dan membentang dari ujung barat hingga ujung timur di jalur pantura yang mencapai 115 kilometer.

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, kegiatan Jatim Specta Night Carnival 2019 menjadi strategis bagi pengembangan Situbondo ke depan. Karena dari sumber daya alam, Situbondo memiliki destinasi yang indah dan keunikan tersendiri.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Jatim, khususnya kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang telah memercayai Situbondo menjadi tuan rumah dalam gelaran parade seni budaya Jatim Specta Night Carnival 2019," ujarnya.

Dadang mengaku, dua even besar Pemprov Jatim Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) sekaligus Hari Kesatuan Gerak PKK dan Jatim Specta Night Carnival 2019 yang digelar di Situbondo, mampu memberi dampak positif terhadap pergerakan ekonomi masyarakat.

Sebagai tamu kehormatan Jatim Specta Night Carnival 2019, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menampilkan tarian kontemporer legenda Roro Jongrang. Tarian ini menggambarkan sebuah legenda kisah cinta antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jongrang yang berujung dengan terciptanya seribu arca/candi, yakni candi Roro Jongrang atau lebih dikenal dengan Candi Prambanan.

Masing-masing daerah dalam gelaran ini menampilkan seni budaya andalannya. Kabupaten Situbondo sebagai tuan rumah Jatim Specta Night Carnival 2019 menampilkan budaya yang masih dilestarikan, yakni Komantan Korong.

Dalam pantauan, ribuan warga tampak antusias untuk menyaksikan parade seni budaya dari puluhan kabupaten/kota di Jawa Timur, yang dilaksanakan pada malam hari.

Sepanjang rute gelaran parade seni budaya ini, mulai depan Kantor Pos di Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Pemuda depan Taman Makam Pahlawan (TMP) disesaki warga yang ingin melihat langsung atraksi seni dan budaya dari berbagai kabupaten/kota di Jatim. (had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO