Musim Pancaroba, Suhu Udara Semakin Panas

Musim Pancaroba, Suhu Udara Semakin Panas Didik Alih Wibowo.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Musim pancaroba mulai tiba. Yakni, perubahan dari musim kering menuju penghujan. Terkait hal ini, Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo mengimbau masyarakat waspada terhadap suhu udara yang semakin memanas, bahkan saat malam hari.

"Itu sebagai dampak dari pancaroba. Bukan hanya suhu udara yang mengalami kenaikan, namun arah angin juga mulai berubah. Fenomena ini yang memungkinkan terjadinya badai," kata Didik Alih Wibowo, Selasa (15/10).

Seperti rilis yang disampaikan BMKG, lanjut dia, musim penghujan diperkirakan akan berlangsung di akhir Oktober nanti atau awal bulan November. "Makanya saat ini udara terus memanas," jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala UPT Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dinas Kelautan Pemprov Jatim wilayah , Ninik Setyorini menyampaikan bahwa secara umum cuaca saat ini cerah berawan dan hampir berlangsung di seluruh wilayah perairan Jawa Timur.

"Arah angin didominasi dari Timur - Tenggara. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knots (39 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim 17 knots (31 km/jam)," tuturnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO