Pacitan Masih Sangat Bergantung dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi

Pacitan Masih Sangat Bergantung dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi Eks Ketua KPU Pacitan, Damhudi. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Damhudi, mantan Ketua KPU mengungkapkan pentingnya kepala daerah yang mempunyai akses ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Sehingga tidak hanya berkutat dengan potensi lokal.

Sebab menurutnya, selama ini Kabupaten masih sangat bergantung dengan pemerintah pusat dan provinsi. Hal tersebut dalam dilihat dari komposisi penganggaran di APBD. Di mana dana perimbangan masih sangat mendominasi di APBD. Sedangkan potensi pendapatan asli daerah, masih relatif kecil.

Hal ini disampaikan Damhudi kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (12/10) kemarin. "Seorang calon pemimpin sedapat mungkin bisa menyatukan budaya, potensi sumber daya lokal dengan budaya, dan kearifan pemerintah di atasnya. Baik pemerintah provinsi maupun pusat," terangnya.

"Tentu hal tersebut akan bisa membawa dampak perubahan lebih berarti. Dengan menyatunya semua komponen di daerah dengan pusat, tentu komunikasi akan lebih harmonis. Sehingga perhatian pusat terhadap daerah akan semakin intens," paparnya.

Damhudi menilai kepemimpinan Bupati Indartato selama dua periode ini sudah banyak membawa perubahan bagi daerah. Ia berharap, ke depan dengan adanya pemimpin baru, kemajuan daerah bakal semakin pesat lagi. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO