Lengkapnya Fasilitas Asrama Haji Jember, Ada Miniatur Ka'bah, Bukit Safa - Marwah, Hingga Pesawat

Lengkapnya Fasilitas Asrama Haji Jember, Ada Miniatur Ka Bupati Jember Faida saat meresmikan pembangunan Asrama Haji.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Pembangunan baru saja diresmikan oleh Bupati dr. Faida dengan ditandai simbolis peletakan batu pertama pada pondasi bangunan, Senin (7/10).

Bangunan itu nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, sebagai tempat para Jemaah haji melakukan manasik haji. Di antaranya adalah miniatur ka’bah dan jalur bukit Safa Marwah untuk berlatih Sa’i.

“Seperti yang saya sampaikan, nanti di sini akan jadi pusat keramaian, karena selain sebagai asrama haji, juga sebagai wisma atlet. Untuk disebut sebagai destinasi wisata religi. Nantinya akan dibangun Ka’bah yang ukurannya setengah dari aslinya,” kata Faida saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Senin (7/10/2019).

Kemudian lanjut Faida, akan dibangun miniatur bukit Safa Marwah. “Dengan (ukuran) sepertiga aslinya, kemudian untuk (miniatur replika) pesawat, karena Jemaah haji belum pernah naik pesawat, sehingga nanti agar membiasakan diri bagaimana tata tertib di pesawat,” sambungnya menjelaskan.

Untuk pembangunan dengan berbagai kelengkapannya itu, lanjut Faida, tidak hanya diperuntukkan bagi Jemaah Haji . “Tapi juga (dapat digunakan dan dimanfaatkan) untuk 5 kabupaten sekitar. Mudah-mudahan Allah meridhoi,” katanya.

Secara teknis Bupati Faida menjelaskan, nantinya ini akan mendukung proses persiapan dari para Jemaah haji. “Yang dimaksud embarkasi umroh antara itu, bahwa sebagai karantina calon Jemaah Haji selesai di , imigrasi selesai di , kemudian koper, perbekalan, dan manasiknya juga selesai di . Tapi terbang internasionalnya. Nanti dari ke Surabaya, dan baru dari Surabaya ke Jeddah atau Madinah,” terangnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO