Jumat, 15 November 2019 11:37

Bandara Kediri Jadi Smart Airport, Khofifah: Pintu Masuk Percepatan Pembangunan Lingkar Selatan

Selasa, 01 Oktober 2019 10:49 WIB
Editor: Tim
Bandara Kediri Jadi Smart Airport, Khofifah: Pintu Masuk Percepatan Pembangunan Lingkar Selatan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima para pimpinan PT Gudang Garam. foto: istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Proyek pembangunan Bandara Kediri Jawa Timur yang rencananya akan dimulai pada Januari tahun 2020 diharapkan menjadi pintu masuk percepatan pengembangan wilayah di sekitarnya, terutama untuk mendukung satu dari tiga Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jatim, yakni Selingkar Wilis. Selain itu bandara di Kediri ini juga diharapkan akan menjadi daya ungkit pembangunan di wilayah sekitarnya seperti Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk dan Blitar.

“Pembangunan Bandara Kediri ini sangat penting bagi Provinsi Jatim. Ini bisa jadi pintu masuk untuk percepatan pengembangan apa saja di wilayah selatan Jawa Timur, bisa pendidikan, perindustrian, perkebunan, wisata, perikanan dan seterusnya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai menerima audiensi perwakilan Gudang Garam di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (30/9).

Untuk itu, sebut Khofifah, pertemuan dengan Gudang Garam ini menjadi bagian dari proses persiapan menghitung kembali harapan pemerintah agar ground breaking Bandara Kediri bisa dilakukan pada Januari tahun 2020 dan diharapkan dapat selesai pada akhir tahun 2021.

“Saat Hari Perhubungan Nasional, Pak Menhub menyampaikan bahwa untuk persiapan sampai dengan ground breaking Januari 2020 kita diminta koordinasi ulang dengan Gudang Garam. Meskipun sebetulnya airport Kediri itu bagian dari PSN namun dalam proses penyiapan lahan nya dan seterusnya di dalam koordinasi pihak Gudang Garam,” jelasnya.

Orang nomor satu di Jatim ini menyebut Bandara Kediri nantinya akan menjadi ‘Smart Airport’. Yaitu layanan yang disediakan semua berbasis digital dan tersambung dengan teknologi terkini.

“Dari yang kami lihat saat presentasi, bandara ini akan menjadi bagian dari Smart Airport dengan layanan yang terhubung dengan teknologi paling update,” katanya.

Berbagai persiapan pembangunan Bandara Kediri, sebut Khofifah, juga terus dilakukan Pemprov Jatim. Salah satunya dengan menyiapkan pengembangan SMK Penerbangan di Kediri sebagai bagian penyiapan SDM di bidang penerbangan.

“Kami harap anak-anak SMK Penerbangan di Kediri nantinya memiliki skill seperti pemasangan spare part pesawat dan sebagainya,” jelasnya.

Pengembangan SMK Penerbangan ini, lanjutnya, pernah dikomunikasikan dengan Dubes Inggris beberapa waktu lalu termasuk pertemuan antara Bupati Kediri dengan Dubes Inggris. Dalam pertemuan itu salah satunya dibahas tentang pencocokan penyiapan SMK penerbangan dengan pendampingan dari pemerintah Inggris.

“Kami berharap ini akan bersambung baik antara program pemerintah pusat, pemprov dan percepatan penguatan bagi masyarakat Jawa Timur bagian Selatan yang sering disebut Selingkar Wilis termasuk proses percepatan pengembangan ekonominya, skillnya, edukasinya, wisatanya, perikanannya, dan juga perkebunannya. Apalagi daerah Tulungagung dan Blitar memiliki potensi kakao dan kopi yang sangat bagus, serta Trenggalek dan Pacitan memiliki potensi ikan dan udang yang cukup besar dan seterusnya,” jelasnya.

Untuk pembangunan bandara di Kediri ini akan disiapkan lahan seluas kurang lebih 372 hektar untuk fase pertama. Rencananya bandara ini akan mampu menampung 15 juta penumpang per tahun. Selain itu bandara ini akan menjadi bandara internasional dengan panjang landasan 3.300 meter. (tim)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...