Rabu, 20 November 2019 06:31

Pemkot Malang Segera Luncurkan Angkot Sistem Online, Mau Saingi Ojek Online?

Kamis, 26 September 2019 19:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Pemkot Malang Segera Luncurkan Angkot Sistem Online, Mau Saingi Ojek Online?
Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Kota Malang Wasto mengungkapkan bahwa Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan rancangan pelayanan transportasi angkutan kota (angkot) dengan sistem online.

Menurut Wasto, inisiasi pelayanan transportasi ini muncul disebabkan banyaknya keluhan dari sopir angkot yang penumpangnya terus menurut semenjak hadirnya ojek online. "Angkot sistem online sengaja kita persembahkan kepada warga Kota Malang secara gratis. Ini hasil kerja sama dengan pihak penyedia aplikasi, yakni TRON dari Kota Bekasi," katanya.

Insiasi angkot online tersebut, lanjut Wasto, mendapatkan respons positif dari Wali Kota Malang Sutiaji. Hal ini setelah TRON selaku pemilik aplikasi melakukan presentasi langsung ke Sutiaji bertempat di ruang rapat Wali Kota, Kamis (26/09).

Wasto menjelaskan, nantinya angkot online itu tidak akan menambah trayek baru. "Akan tetapi, Dishub Kota Malang akan memodifikasi trayeknya. Ini bertujuan memberikan kemudahan dan kelancaran serta kenyamanan. Pastinya dengan tarif angkot yang berlaku saat ini di Kota Malang," tambahnya.

Sementara Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto menyampaikan bahwa inisiasi angkot online murni merupakan ide dari pihaknya. Menurutnya, ada beberapa nilai plus dengan penerapan angkot online.

"Pertama, sopir angkot pasti menemukan penumpang di jalan. Kedua, tidak terjadi angkot standby (ngetem) terlalu lama di jalanan. Pembagian penumpang sudah tertata sedemikian rupa, diatur secara online. Demikian halnya trayeknya juga sudah tertata sesuai jalurnya," paparnya.

"Ketiga, masyarakat memanfaatkan sistem online, namun tetap harga angkot Rp 3500. Hanya saja, sistem pelayanannya tidak full seperti ojek online pada umumnya. Drivernya tidak menjemput penumpang persis di depan rumah, tapi di sebuah halte yang tersedia nantinya," urainya.

Ditanya realisasi angkot online, Handi mengungkapkan bahwa Pemkot berencana melaunchingnya bertepatan saat HUT Kota Malang, pada bulan April tahun 2020. "Saat ini kami terus melakukan pematangan persiapan administrasi dan teknisnya," pungkasnya. (iwa/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...