Sabtu, 28 Maret 2020 22:15

Pemkot Malang Segera Luncurkan Angkot Sistem Online, Mau Saingi Ojek Online?

Kamis, 26 September 2019 19:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Pemkot Malang Segera Luncurkan Angkot Sistem Online, Mau Saingi Ojek Online?
Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Kota Malang Wasto mengungkapkan bahwa Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan rancangan pelayanan transportasi angkutan kota (angkot) dengan sistem online.

Menurut Wasto, inisiasi pelayanan transportasi ini muncul disebabkan banyaknya keluhan dari sopir angkot yang penumpangnya terus menurut semenjak hadirnya ojek online. "Angkot sistem online sengaja kita persembahkan kepada warga Kota Malang secara gratis. Ini hasil kerja sama dengan pihak penyedia aplikasi, yakni TRON dari Kota Bekasi," katanya.

Insiasi angkot online tersebut, lanjut Wasto, mendapatkan respons positif dari Wali Kota Malang Sutiaji. Hal ini setelah TRON selaku pemilik aplikasi melakukan presentasi langsung ke Sutiaji bertempat di ruang rapat Wali Kota, Kamis (26/09).

Wasto menjelaskan, nantinya angkot online itu tidak akan menambah trayek baru. "Akan tetapi, Dishub Kota Malang akan memodifikasi trayeknya. Ini bertujuan memberikan kemudahan dan kelancaran serta kenyamanan. Pastinya dengan tarif angkot yang berlaku saat ini di Kota Malang," tambahnya.

Sementara Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto menyampaikan bahwa inisiasi angkot online murni merupakan ide dari pihaknya. Menurutnya, ada beberapa nilai plus dengan penerapan angkot online.

"Pertama, sopir angkot pasti menemukan penumpang di jalan. Kedua, tidak terjadi angkot standby (ngetem) terlalu lama di jalanan. Pembagian penumpang sudah tertata sedemikian rupa, diatur secara online. Demikian halnya trayeknya juga sudah tertata sesuai jalurnya," paparnya.

"Ketiga, masyarakat memanfaatkan sistem online, namun tetap harga angkot Rp 3500. Hanya saja, sistem pelayanannya tidak full seperti ojek online pada umumnya. Drivernya tidak menjemput penumpang persis di depan rumah, tapi di sebuah halte yang tersedia nantinya," urainya.

Ditanya realisasi angkot online, Handi mengungkapkan bahwa Pemkot berencana melaunchingnya bertepatan saat HUT Kota Malang, pada bulan April tahun 2020. "Saat ini kami terus melakukan pematangan persiapan administrasi dan teknisnya," pungkasnya. (iwa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...