Kecewa Penanganan Kasus, Puluhan Buruh Gelar Istighosah di Mapolres Pasuruan

Kecewa Penanganan Kasus, Puluhan Buruh Gelar Istighosah di Mapolres Pasuruan Para buruh saat audiensi dengan Kapolres Pasuruan yang diwakili oleh Kasatreskrim dan Kabag Sabhara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan buruh ramai-ramai menggeruduk Mapolres Pasuruan. Aksi itu dilakukan lantaran mereka kecewa dengan penanganan kasus perburuhan yang ditangani pihak Polres tak kunjung rampung.

Para buruh juga menggelar cara istighosah di halaman Mapolres Pasuruan, aksi dilakukan pada pukul 08.30 WIB sambil membentangkan poster. Meski cuaca saat itu panas, para buruh masih tetap semangat.

Ketua Sarbumusi NU Kabupaten Pasuruan Hambali menyampaikan, ada tiga perusahaan yang dilaporkan ke Polres Pasuruan. Ketiganya adalah Algalindo, Halim Jaya Sakti, dan Soedali.

Ketiga perusahaan itu dinilai pelanggaran pembayaran upah, yang jauh dari UMK. “Ketiga perusahaan itu, tidak membayar buruh dengan UMK. Ini merupakan pelanggaran pidana. Karena, perusahan tidak melakukan penangguhan UMK,” kata Hambali.

Terpisah, Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Dewa Putu Prima menyampaikan, pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan sesuai tupoksi. Menurutnya, penanganan kasus tersebut tidak bisa cepat seperti perkara pencurian atau perkara biasa lainnya.

“Karena kasus perburuhan tersebut merupakan kasus lex specialis yang harus ditangani secara khusus. Kami ada kendala. Karena harus berkoordinasi dengan instansi terkait, yakni Disnaker. Mengingat, kasus ini termasuk lex spesialis, yang harus ditangani secara khusus,” tuturnya.

“Seperti kasus Algalindo, harus ada nota pemeriksaan dari Disnaker. Sementara nota pemeriksaan itu baru diterimanya November 2018 kemarin. Itu pun baru nota pemeriksaan. Belum kami lakukan pemeriksaan-pemeriksaan kepada pejabat ataupun pihak-pihak perusahaan. Jadi, memang membutuhkan waktu,” ungkapnya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO