Kamis, 13 Agustus 2020 04:06

Buka ​Pelatihan Dasar CPNS, Sekda Sumenep Motivasi ASN Tingkatkan Kompetensi

Kamis, 19 September 2019 23:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
Buka ​Pelatihan Dasar CPNS, Sekda Sumenep Motivasi ASN Tingkatkan Kompetensi
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, pada pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan 26 dan 27 tahun 2019, di SKD Batuan.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai ujung tombak kemajuan pembangunan daerah, harus meningkatkan kompetensi di tengah berbagai perubahan di era revolusi industri 4.0.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, pada pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan 26 dan 27 tahun 2019, di SKD Batuan, Kamis (19/09/2019). 

“Saat ini, ASN di semua golongan membutuhkan kompetensi baik itu pengetahuan, keterampilan, dan etika agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal,” katanya

Dijelaskan, mengembangkan kompetensi ASN itu tidak hanya sekedar pada tataran teknis semata, namun juga kompetensi soft skill untuk meningkatkan kualitas kinerja, sehingga dengan pelatihan dasar itu keterampilan, kompetensi dan sikap dapat ditingkatkan. 

“Kompetensi soft skill di antaranya kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, kreatif, manajemen manusia, kecerdasan emosional, penilaian dan membuat keputusan, orientasi pelayanan, negosiasi dan fleksibilitas kognitif,” ujarnya.

Selain itu, pengembangan kemampuan diri atau kompetensi para ASN menurut Sekda Edy Rasiyadi, mampu menyesuaikan diri di dalam dunia birokrasi terutama membangun kerja sama dengan seluruh jajaran masing-masing OPD, demi menciptakan kebersamaan, melaksanakan tugas dan fungsinya. 

“Para ASN jangan sampai jalan sendiri-sendiri dan tidak mau diatur dalam menjalakan tugas dan fungsinya, bahkan tidak harmonis dengan pimpinan maupun karyawan lainnya. Sebab, manakala kondisi seperti itu terjadi, jelas bakal mengganggu terhadap keberhasilan program di setiap OPD,” tandasnya.

Sementara dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abdul Madjid, mengungkapkan, peserta Pelatihan Dasar (Latsar) itu adalah CPNS golongan II sebanyak 76 orang yang berasal dari 5 instansi yakni Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas PU Sumber Daya Air, Dinas Perhubungan dan RSUD Arjasa. 

“Tujuan Latsar untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab serta memperkuat profesionalisme sekaligus kompetensi bidang,” terangnya. (aln/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...