Oktober, Persediaan Air Waduk di Mojokerto Diprediksi Habis

Oktober, Persediaan Air Waduk di Mojokerto Diprediksi Habis Keindahan waduk Tanjungan di Kabupaten Mojokerto mulai sirna karena mulai mengering.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Persediaan air irigasi di sejumlah waduk di Kabupaten kian mengkhawatirkan. Bahkan persediaan air tangkapan hujan di beberapa waduk diperkirakan akan habis pada Oktober bulan depan.

Jika prediksi tersebut terjadi, maka ratusan hektare sawah akan kesulitan mendapatkan kebutuhan air irigasi.

Menurut Dian Sugeng, Kabid Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Kabupaten , seluruh waduk itu diperkirakan akan mengering pada bulan depan. “Jumlah waduk yang ada di Kabupaten ada 61. Pada titik menuju puncak kemarau diperkirakan Oktober nanti umumnya sudah mengering tidak ada air,” katanya, Kamis (19/9).

Menurutnya, dari 61 waduk yang mengering tersebar di 11 kecamatan. Seperti Kecamatan Jetis 3 waduk, Kecamatan Kemlagi 7 waduk, serta terbanyak di Kecamatan Dawarblandong 36 waduk.

Sedangkan, 8 waduk tersebar di Kecamatan Sooko, dan masing-masing satu waduk di Kecamatan Bangsal, Kuterejo, Pungging, dan Puri.

“Tak bisa dihindari tiap kali musim kemarau, terlebih di akhir-akhir musik kemarau imbasnya pada pertanian dan peternakan, kebutuhan masyarakat sehari-hari. Hanya saja kekeringan untuk masyarakat sudah diantisipasi dengan suplai air bersih dari pemkab setiap hari,” terangnya.

Selain itu, musim kemarau panjang juga mengakibatkan ratusan hektare lahan Perhutani Pasuruan dan Tahura Raden Soerjo terbakar selama beberapa hari. "Untuk lahan yang terbakar kemarin sudah mencapai ratusan hektare," ungkapnya. (yep/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO