Operasi Patuh Semeru Berakhir, Ribuan Pengendara Ditilang

Operasi Patuh Semeru Berakhir, Ribuan Pengendara Ditilang Petugas gabungan saat melakukan giat Operasi Patuh Semeru 2019.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya ada 1.033 pengendara yang terjaring saat digelarnya Operasi Patuh Semeru 2019 di Kabupaten . Dari ribuan pengendara yang melanggar tersebut, mayoritas adalah roda dua. 40 persen dari mereka dikenai sanksi teguran dan 60 persen langsung dilakukan penindakan tilang.

"Hari ini operasi patuh resmi berakhir. Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda 2. Kasusnya antara lain tidak melengkapi surat, melanggar jalur dan helm. Dengan berakhirnya operasi ini bukan berarti pengendara seenaknya sendiri. Perlu ditegaskan, bahwa kasus kecelakan terjadi karena kelalaian pengendara," kata AKP Miftahul Amin, Kasatlantas Polres , Rabu (11/09).

Miftaul Amin mengungkapkan jumlah kasus laka lantas yang terjadi saat operasi patuh Semeru 2019 mengalami penurunan. Ada 3 kasus kecelakaan dengan 1 meninggal dunia, 2 luka berat dan 4 luka ringan. Sementara pada 2018 lalu ada 7 kasus laka lantas dengan 2 meninggal dunia, 7 luka ringan dan 4 luka berat. 

Operasi Patuh Semeru 2019 terakhir ditutup dengan giat gabungan antara Dinas Perhubungan, Satlantas , dan Polisi Militer. Bertempat di halaman terminal bus Kabupaten , banyak pelanggaran ditemukan, utamanya pengendara truk dan mobil box.

"Hari ini kami menemukan banyak sekali sopir truk yang mengangkut muatan melebihi tonase yang ada, dan itu kami tindak tegas. Juga banyak sekali kendaraan box yang habis Kir-nya. Kami langsung tilang dan kami tegur pemilik armada untuk mematuhi aturan tonase yang ada," imbuh Adi Chandra, Staf UPT P3 LLAJ Madiun. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO