Selasa, 17 September 2019 00:22

Kuliah Umum Bersama SKK Migas, Mahasiswa Diberikan Pemahaman Tentang Industri Hulu Migas

Selasa, 10 September 2019 22:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kuliah Umum Bersama SKK Migas, Mahasiswa Diberikan Pemahaman Tentang Industri Hulu Migas
Narasumber saat menyampaikan paparan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Migas dan Gas Bumi (SKK Migas) menyelenggarakan kuliah umum dan sosialisasi industri hulu migas, di Gedung N Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Selasa (10/9).

Tak kurang sebanyak 200 peserta baik dari dosen maupun mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut. Para peserta tampak serius mendengarkan setiap materi yang dipaparkan oleh para narasumber yang memberikan wawasan terkait industri hulu migas. Mengingat, Tuban menjadi salah satu daerah yang menjadi lokasi eksplorasi migas, sehingga para mahasiswa diharuskan mampu memahami adanya industri hulu migas tersebut.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Doni Ariyanto mengatakan, kegiatan kuliah umum ini diadakan rutin di seluruh universitas-universitas yang ada di Jawa, Bali, bahkan hingga ke Nusa Tenggara dengan tujuan memberikan gambaran mengenai aktivitas industri migas yang sebenarnya.

"Dengan adanya acara kuliah umum ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar tidak gampang terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas akan kebenarannya tentang proses eksplorasi migas," ungkapnya.

Selain itu, ia berharap kegiatan sosialisasi dapat memberikan pemahaman tentang sumber energi dari migas untuk kepentingan bangsa. "Dan saya harap agar mahasiswa bisa mengerti tentang Industri hulu migas dan bisa berkompetisi, sehingga ada regenersi di hulu migas ke depanya dari Tuban," harapnya.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pertamina EP, SKK Migas, dan PHE. Menurutnya, kegiatan itu menjadi suatu mediasi yang sangat positif untuk mengedukasi bagi mahasiswa khususnya di Unirow.

"Mahasiswa sebagai agen inovasi dan kreativtas tentunya berada di garda terdepan menjaga kelestarian sumber daya alam," ujarnya.

Rektor dua periode itu menambahkan, kuliah umum di kali ketiga ini diharapkan bisa membawa manfaat bagi pengembangan dan kesejahteraan bagi mahasiswa. 

Selanjutnya, para mahasiswa diminta untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar terkait pentingnya sumber daya alam khususnya industri hulu migas. Sehingga masyarakat dapat menyadari dan dapat menjaga sumber daya alam ini sebagai suatu upaya meningkatkan kesejahteraannya.

"Karena sumber daya alam ini, kalau dikelola dengan baik dapat memberikan efek positif sekaligus bisa menopanh peningkatkan perekonomian," terangnya. (gun/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...