Selasa, 11 Agustus 2020 19:15

Kenalkan Pencak Silat, Wisnu HP dan 6 Atlet PSHT Ponorogo Terbang ke Azerbaijan

Selasa, 10 September 2019 20:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Novian Catur
Kenalkan Pencak Silat, Wisnu HP dan 6 Atlet PSHT Ponorogo Terbang ke Azerbaijan
Wisnu HP bersama para atlet PSHT Ponorogo saat akan bertolak ke negara Azerbaijan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Untuk yang kedua kalinya pemuda asal Desa Kauman, Somoroto (Wisnu HP) dipercaya Kedubes RI di Negara Azerbaijan untuk mempresentasikan sebuah karya seni budaya pencak silat PSHT.

Dalam lawatannya tersebut, Wisnu HP bersama enam atlet PSHT Ponorogo bertolak ke negara Azerbaijan dalam rangka Indonesian Culture Festival ke-4 tahun 2019 yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Baku-Azerbaijan pada tanggal 11 hingga 19 September 2019.

Dalam keterangannya, Wisnu Hp saat dihubungi via WhatsApp mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang telah mendukung PSHT Cab. Ponorogo, dalam mempresentasikan sebuah karya seni yang merupakan kolaborasi pencak silat dengan Kesenian Reyog Ponorogo.

Selain itu juga merupakan misi pelestarian dan pengenalan Budaya Asli dari Indonesia yang berasal dari Kabupaten Ponorogo. Dalam penggarapan karya ini, Wisnu Hadi Prayitno sebagai koreografer memadukan seni pencak silat dan kesenian Reyog Ponorogo. 

"Karakter Warok Ponorogo dipilih sebagai penggambaran sosok yang dikenal sebagai seseorang yang "menguasai ilmu" (ngelmu) dalam pengertian Kejawen, dalam hal ini adalah ilmu kanuragan," terangnya.

Tentunya ini adalah wujud nyata Masyarakat Ponorogo dalam mendukung Pencak Silat untuk UNESCO sebagai Warisan Dunia Tak Benda atau intangible cultural heritage of humanity dan menjadi bagian bidang olahraga di perhelatan olimpiade.

Dalam pertunjukannya di kali ke-2 ini, sebuah harapan besar di masa yang akan datang, kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta Kedutaan Besar Republik Indonesia Baku-Azerbaijan akan terus terjalin.

Hal tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam rangka peningkatan mutu, pelestarian budaya, dan promosi Kesenian Reyog di Tingkat Internasional sebagai upaya mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Warisan Dunia Tak Benda atau intangible cultural heritage of humanity. (nov/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...