Selasa, 17 September 2019 00:15

Kenalkan Pencak Silat, Wisnu HP dan 6 Atlet PSHT Ponorogo Terbang ke Azerbaijan

Selasa, 10 September 2019 20:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Novian Catur
Kenalkan Pencak Silat, Wisnu HP dan 6 Atlet PSHT Ponorogo Terbang ke Azerbaijan
Wisnu HP bersama para atlet PSHT Ponorogo saat akan bertolak ke negara Azerbaijan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Untuk yang kedua kalinya pemuda asal Desa Kauman, Somoroto (Wisnu HP) dipercaya Kedubes RI di Negara Azerbaijan untuk mempresentasikan sebuah karya seni budaya pencak silat PSHT.

Dalam lawatannya tersebut, Wisnu HP bersama enam atlet PSHT Ponorogo bertolak ke negara Azerbaijan dalam rangka Indonesian Culture Festival ke-4 tahun 2019 yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Baku-Azerbaijan pada tanggal 11 hingga 19 September 2019.

Dalam keterangannya, Wisnu Hp saat dihubungi via WhatsApp mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang telah mendukung PSHT Cab. Ponorogo, dalam mempresentasikan sebuah karya seni yang merupakan kolaborasi pencak silat dengan Kesenian Reyog Ponorogo.

Selain itu juga merupakan misi pelestarian dan pengenalan Budaya Asli dari Indonesia yang berasal dari Kabupaten Ponorogo. Dalam penggarapan karya ini, Wisnu Hadi Prayitno sebagai koreografer memadukan seni pencak silat dan kesenian Reyog Ponorogo. 

"Karakter Warok Ponorogo dipilih sebagai penggambaran sosok yang dikenal sebagai seseorang yang "menguasai ilmu" (ngelmu) dalam pengertian Kejawen, dalam hal ini adalah ilmu kanuragan," terangnya.

Tentunya ini adalah wujud nyata Masyarakat Ponorogo dalam mendukung Pencak Silat untuk UNESCO sebagai Warisan Dunia Tak Benda atau intangible cultural heritage of humanity dan menjadi bagian bidang olahraga di perhelatan olimpiade.

Dalam pertunjukannya di kali ke-2 ini, sebuah harapan besar di masa yang akan datang, kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta Kedutaan Besar Republik Indonesia Baku-Azerbaijan akan terus terjalin.

Hal tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam rangka peningkatan mutu, pelestarian budaya, dan promosi Kesenian Reyog di Tingkat Internasional sebagai upaya mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Warisan Dunia Tak Benda atau intangible cultural heritage of humanity. (nov/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...