Meriah, Desa/Kelurahan se-Ponorogo Gelar Kesenian Reog Obyok Serentak

Meriah, Desa/Kelurahan se-Ponorogo Gelar Kesenian Reog Obyok Serentak Bupati Ipong Muchlissoni turut hadir menyemarakkan pagelaran seni Reog Obyok yang dilakukan serentak di setiap desa maupun kelurahan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Guna mewujudkan Kabupaten Ponorogo sebagai tujuan wisata tahun 2019, Bupati Ipong Muchlissoni meminta setiap kelurahan/desa yang sudah memiliki inventaris seni Reog Obyok untuk menggelar kesenian tersebut pada tanggal 11 setiap bulannya.

Menurut Bupati Ipong, selain bagian untuk menarik wisatawan ke Kabupaten Ponorogo, gelaran kesenian itu juga untuk membangkitkan kembali budaya Reog di Kabupaten Ponorogo.

Pagelaran Reog Obyok serentak se-Kabupaten Ponorogo yang kedua kali ini berjalan lebih meriah meskipun bertepatan dengan hari raya Idul Adha 2019.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Slamet Lilik Rahardjo mengatakan, pagelaran Reog Obyok merupakan wujud semangat generasi sepuh, untuk membina generasi muda ikut dalam melestarikan kebudayaan reog. Hal itu terbukti dengan membaurnya masyarakat dalam momen gelaran pelestarian budaya itu.

"Ini acara yang inovatif. Harapan saya semua masyarakat Ponorogo bisa terhibur, bisa juga menyampaikan budaya seni reog ini kepada kabupaten lain agar Kabupaten Ponorogo lebih bisa dikenal luas lagi. Di samping itu, terus mendorong kreativitas seniman Reog Obyok menyusul ditetapkannya tanggal 11 setiap bulan wajib menggelar Reog Obyok," tuturnya. (nov/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO