Sabtu, 07 Desember 2019 19:29

Gelar Audiensi, Forum LSM Sampaikan Problematika Tembakau di Pamekasan

Senin, 09 September 2019 23:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Gelar Audiensi, Forum LSM Sampaikan Problematika Tembakau di Pamekasan
Forum LSM Pamekasan saat audiensi di pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pamekasan melakukan audiensi dengan Pemkab Pamekasan dalam rangka menyampaikan problematika tata niaga tembakau, Senin (09/09/19) sore.

Audensi yang digelar di ruang PKK Pendopo Ronggosukowati itu dihadiri langsung oleh Bupati Baddrut Tamam didampingi Sekda Totok Hartono, Kepala Disperindag Bambang Edy Suprapto, Kabag Kesra Akh Zaini, dan Kabag Humas Pemkab Pamekasan Sigit Priyono.

Menurut koordinator LSM, Ribut Baidi, pihaknya sengaja menyampaikan aspirasi dengan cara audiensi, karena cara ini dinilai lebih efektif. "Selain bisa menemukan solusi yang solutif, pembahasan sebuah persoalan dengan cara audiensi lebih mendalam, di samping lebih ilmiah. Di samping itu, dengan cara ini kami berharap gagasan solutif dengan kepala dingin bisa tercipta dalam forum dialog ini," katanya.

Di forum ini, audiens menyampaikan berbagai temuan hasil pengawasan yang selama ini dilakukan oleh LSM. Antara lain, banyaknya pihak pabrikan yang membeli tembakau di bawah BEP.

Selain itu, forum juga mengusulkan pembahasan revisi Perda tentang Tata Niaga Tembakau. Salah satunya seperti pada Pasal 28 yang menyebutkan bahwa bupati berwenang melakukan pembinaan budidaya tembakau. Tujuannya adalah menjaga kualitas mutu.

"Tapi yang agak debatable di Perda ini adalah kata 'menguntungkan pelaku usaha," kata Fahrus Soleh dari Watch of Education and Corruption (WEC) Fahrus Soleh.

Para aktivis LSM ini menyarankan agar pemkab melakukan intervensi agar harga jual tembakau bisa berpihak kepada kepentingan rakyat.

Mereka meminta, agar diskusi terkait tata niaga tembakau seperti ini perlu terus digencarkan, sehingga pemahaman tentang tata kelola dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tembakau bisa tercipta dengan baik di kalangan masyarakat.

"Upaya untuk menciptakan posisi tawar petani tembakau yang sejajar dengan pembeli, dalam hal ini pihak pabrikan perlu terus dibangun ke depan," tutur Fahrus Soleh.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengapresiasi audiensi LSM tentang problematika tembakau ini. Ia juga setuju dengan usulan melakukan revisi isi perda yang dinilai belum berpihak kepada kepentingan petani.

"Kami sangat mengapresiasi dan akan bekerja sama untuk melakukan revisi Perda yang tentunya akan menguntungkan para petani di Pamekasan," ungkap Baddrut Tamam.

Sebelumnya, pada pagi harinya Bupati Baddrut Tamam beserta Wakilnya Raja'e juga menemui ratusan aktivis yang melakukan unjuk rasa untuk yang juga terkait tentang perniagaan tembakau yang menurut mereka merugikan para petani. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...