Senin, 21 Oktober 2019 06:15

Jelang MTQ Jatim, Kiblat Mushola dan Kamar Hotel di Tuban akan Diukur

Selasa, 03 September 2019 18:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jelang MTQ Jatim, Kiblat Mushola dan Kamar Hotel di Tuban akan Diukur
Rapat persiapan pengukuran arah kiblat untuk hotel dan musholla di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah mushola dan kamar hotel yang tersebar di Kabupaten Tuban akan diukur kiblatnya oleh Kementerian Agama (Kemenag) Tuban dan pemkab. Hal itu dilakukan guna menghadapi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXVIII tingkat Jawa Timur yang akan digelar bulan Oktober mendatang.

Pasalnya, seluruh kafilah MTQ kab/kota se-Jawa Timur dipastikan akan menginap di hotel yang tersebar di wilayah Tuban. Oleh sebab itu, pengukuran arah kiblat ini perlu dilakukan untuk memudahkan mereka saat hendak menunaikan ibadah sholat.

"Hari ini kita rapat menentukan teknis pengukurannya. Termasuk data mushola dan hotel mana saja yang akan kita ukur. Dan paling penting kita utamakan di hotel yang dekat dengan wilayah kota," papar Kepala Kemenag Tuban, Sahid kepada wartawan seusai menggelar rapat dengan Kabag Kesra Pemkab Tuban, Selasa (3/9).

"Di Kabupaten Tuban ini ada 27 hotel dengan 1.126 kamar. Target yang kami jadwalkan adalah 14 hari sudah selesai. Jadi dari 27 musholla dan 1.126 kamar hotel seluruhnya sudah terpasang stiker arah kiblat," urai pria berkaca mata asal Gresik ini.

Untuk melakukan pengukuran ini, akan ada sebanyak 15 tenaga ahli dari Kemenag. Mereka akan terbagi menjadi 5 tim, sehingga setiap tim masing-masing terdiri dari 3 orang. "Yang pasti dalam pengukuran ini juga akan didampingi oleh pihak hotel," terangnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Eko Yulianto menyampaikan, giat pengukuran ini merupakan pemberian pelayanan kepada peserta MTQ. Terlebih, memberikan kesan yang baik untuk semua kafilah dari Jawa Timur.

Ia memperkirakan peserta sudah bakal berdatangan sebelum 24 Oktober, untuk persiapan pawai ta'aruf. "Pada tanggal 26 Oktober malam pembukaan MTQ yang akan diisi oleh band wali. Sementara itu, ada 10 titik di ring kota sebagai tempat pelaksanaan MTQ," tuturnya.

Eko juga berpesan kepada pihak hotel agar bisa memberikan kesan yang bagus untuk seluruh tamu dari Jawa Timur. Sebab, jumlah kafilah dan official per kabupaten/kota rata-rata sebabyak 100 orang.

"Kami juga bekerja sama dengan Baznas untuk pemberian Alqur'an di tiap kamar hotel. Nantinya masing-masing kafilah akan dipinjami satu mobil selama di Tuban, dan alhamdulillah oleh Kominfo sudah dibuatkan google map yang tersambung dengan hotel, wisata, rumah makan, dan titik pelaksanaan MTQ," tutup Eko.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...