Minggu, 17 November 2019 11:31

Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek

Minggu, 01 September 2019 11:12 WIB
Editor: .
Wartawan: Herman Subagyo
Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek
Lomba panjat pinang di pelataran pendopo Trenggalek. foto: Herman Subagyo/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Trenggalek ke-825, FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) menggelar berbagai aneka lomba olah raga tradisional.

Berbagai lomba tradisional tersebut yakni Egrang, Tarik Tambang, Dagongan, Terompah, dan Panjat Pinang, yang kesemuanya digelar di pelataran pendopo Kabupaten Trenggalek terhitung mulai tanggal 30 Agustus hingga 31 Agustus.

Dari sekian aneka lomba tradisional, yang paling diminati oleh masyarakat adalah lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang ini digelar usai prosesi kirab pusaka Trenggalek.

Terdapat 3 pohon pinang di area lomba. Menurut panitia lomba, untuk satu pohon pinang terdapat 4 regu. Masing masing regu berjumlah 4 orang. Sementara hadiah yang di sediakan adalah juara utama akan mendapatkan uang senilai 1.750.000,- selanjutnya juara dua 1.250.000, juara tiga 1 juta juara 4 akan mendapat hadiah uang 750 ribu.

Ketua FORMI Kabupaten Trenggalek Edianto mengatakan lomba tradisional ini sengaja digelar dengan tujuan untuk melestarikan kejuaraan olah raga tradisional.

"Kami dari FORMI tiap tahun menggelar kegiatan lomba tradisional. Tujuannya agar olah raga yang sifatnya tradisional ini tetap ada dan tidak dilupakan oleh generasi yang akan datang," kata Edi dikonfirmasi di sela-sela berlangsungnya lomba panjat pinang, Sabtu (31/8).

Edi menilai kejuaraan olahraga tradisional saat ini mulai terkikis oleh kemajuan zaman. Oleh karenanya ia berharap olah raga tradisional yang pernah ada di kehidupan masa lalu bisa di hidupkan kembali sebagai upaya melestarikan budaya bangsa.

Adapun juara lomba panjat pinang sebagai berikut; Untuk juara 1 pinang 1 Selorejo Depok, juara 1 untuk pinang 2 Putra blimbing Dongko, serta untuk juara 1 pinang 3 Karangtaruna Soko. (man)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...