Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek

Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek Lomba panjat pinang di pelataran pendopo Trenggalek. foto: Herman Subagyo/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten ke-825, FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) menggelar berbagai aneka lomba olah raga tradisional.

Berbagai lomba tradisional tersebut yakni Egrang, Tarik Tambang, Dagongan, Terompah, dan Panjat Pinang, yang kesemuanya digelar di pelataran pendopo Kabupaten terhitung mulai tanggal 30 Agustus hingga 31 Agustus.

Dari sekian aneka lomba tradisional, yang paling diminati oleh masyarakat adalah lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang ini digelar usai prosesi kirab pusaka .

Terdapat 3 pohon pinang di area lomba. Menurut panitia lomba, untuk satu pohon pinang terdapat 4 regu. Masing masing regu berjumlah 4 orang. Sementara hadiah yang di sediakan adalah juara utama akan mendapatkan uang senilai 1.750.000,- selanjutnya juara dua 1.250.000, juara tiga 1 juta juara 4 akan mendapat hadiah uang 750 ribu.

Ketua FORMI Kabupaten Edianto mengatakan lomba tradisional ini sengaja digelar dengan tujuan untuk melestarikan kejuaraan olah raga tradisional.

"Kami dari FORMI tiap tahun menggelar kegiatan lomba tradisional. Tujuannya agar olah raga yang sifatnya tradisional ini tetap ada dan tidak dilupakan oleh generasi yang akan datang," kata Edi dikonfirmasi di sela-sela berlangsungnya lomba panjat pinang, Sabtu (31/8).

Edi menilai kejuaraan olahraga tradisional saat ini mulai terkikis oleh kemajuan zaman. Oleh karenanya ia berharap olah raga tradisional yang pernah ada di kehidupan masa lalu bisa di hidupkan kembali sebagai upaya melestarikan budaya bangsa.

Adapun juara lomba panjat pinang sebagai berikut; Untuk juara 1 pinang 1 Selorejo Depok, juara 1 untuk pinang 2 Putra blimbing Dongko, serta untuk juara 1 pinang 3 Karangtaruna Soko. (man)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO