Senin, 21 Oktober 2019 06:09

​Konsumsi Hanya Roti dan Air Mineral, Acara Otonomi Award Kota Malang Tuai Kecaman Tamu Undangan

Kamis, 29 Agustus 2019 17:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
​Konsumsi Hanya Roti dan Air Mineral, Acara Otonomi Award Kota Malang Tuai Kecaman Tamu Undangan
Tampak tumpukan roti dan air mineral yang dikemas bungkus plastik ditinggal begitu saja oleh para tamu undangan. foto: istimewa

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sajian konsumsi pada ajang Otonomi Award tahun 2019 yang digelar oleh Pemkot Malang beberapa hari lalu, menuai keluhan dan kecaman dari para tamu undangan yang hadir. Pasalnya, mereka hanya diberi konsumsi berupa roti sebanyak 1 biji dan air mineral gelas yang dikemas dengan kantong plastik ala kadarnya.

Tak ayal, hal ini membuat para tamu kecewa. Bahkan beberapa di antara mereka memilih meninggalkan lokasi, kendati acara masih berlangsung. Padahal, acara itu dihadiri Rektor, Lurah, Camat, RT, RW, LPMK, dan tokoh masyarakat lainnya.

Terkait hal ini, Wali Kota Malang Sutiaji mengaku sangat kecewa. "Kami langsung menegur dan memerintahkan kepada Inspektorat Kota Malang untuk menindaklanjutinya," ucap Sutiaji, Kamis (29/08).

Sekadar informasi, pengadaan konsumsi acara tersebut dimenangkan oleh CV Mubarok, dengan pagu anggaran Rp 346 juta sekian.

Sementara Ketua DPRD Kota Malang Sementara I Made Riandiana Kartika menyatakan telah mendengar keluhan itu dari warga. "Kami sangat menyayangkan hal itu bisa sampai terjadi. Tentunya ini preseden buruk," tandasnya.

"Kami sangat mendukung jika aparat penegak hukum (APH) turun ke lapangan untuk melakukan investigasi dan penyelidikan untuk mengungkap manakala ada permainan di dalamnya," tegasnya.

Di sisi lain, Kabag Pemerintahan Setda Kota Malang Budi Utomo tak menampik konsumsi yang disajikan dalam acara itu memang kurang pantas. "Kami sudah siap dengan segala konsekuensinya," ujar Budi Utomo saat dikonfirmasi usai apel pagi, Kamis (29/08).

"Keuangan pelaksanaan kegiatan kebetulan belum terbayarkan sama sekali kepada CV Mubarok. Nantinya, pembayaran akan disesuaikan fakta yang ada. Misalnya harga konsumsi (snack) yang telah disajikan akan kita sesuaikan. Kami belum bisa menghitung berapa nilai pastinya pembayaran yang diselesaikan ke CV Mubarok," terang Budi.

Ia membenarkan anggaran konsumsi acara itu mencapai Rp 346 juta. "Diperkirakan yang dibayarkan ke CV Mubarok bisa jadi di bawah angka Rp 300 juta. Kami pasti akan memberikan sanksi, namun belum membahasnya untuk saat ini," ujarnya.

Sementara Mantan Kabag Pemerintahan Dicky Hariyanto mengatakan jika polemik konsumsi Otonomi Award itu menjadi kewenangan Kabag Pemerintahan. "Pada proses lelang bulan Mei 2019 lalu memang saya sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK)-nya. Akan tetapi, untuk pelaksanaannya posisi saya sudah bergeser (termutasi). Maka pelaksanaannya sudah menjadi kewenangan Kabag Pemerintahan yang saat ini," dalihnya.

"Alangkah baiknya, monggo konfirmasi kepada Kabag Pemerintahan saat ini yakni Budi Utomo, kenapa kok bisa seperti itu? Masa iya itu menjadi tanggung jawab saya?," tukasnya. (iwa/ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...