Pemkot Malang Gagas Parkir Vertikal, Dua Titik ini yang Jadi Lokasinya

Pemkot Malang Gagas Parkir Vertikal, Dua Titik ini yang Jadi Lokasinya Ilustrasi rencana pembangunan gedung parkir vertikal.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membuat sistem parkir secara vertikal di Kota Malang. Hal ini sebagaiman disampaikan Sekkota Malang, Drs. Wasto, S.H., M.H.

Ia menuturkan, ada dua titik yang rencananya akan dijadikan lokasi parkir vertikal. Pertama, bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang di Jalan Majapahit. Kedua, bekas Mall Ramayana.

"Nantinya juga dibuat sentra UKM Kota Malang. Beberapa lantainya didesain parkir model vertikal. Tapi kami sampaikan bahwa sistem parkir vertikal ini sifatnya saat ini masih rencana, karena anggaran pembangunannya belum dihitung. Di sisi lain, detail engineering design (DED) juga belum diluncurkan," tutur Wasto.

Meski masih wacana, namun apabila terealisasi, Wasto mengungkapkan bahwa titik parkir vertikal di bekas tempat kantor DLH nantinya akan dimanfaatkan untuk menampung pengunjung Heritage Kayutangan. Sedangkan bekas Mall Ramayana selain akan diperuntukkan untuk perparkiran, juga display UKM.

"Pengelolaan parkir vertikal nantinya oleh Perusahaan Umum Daerah (BUMD). Namanya Tugu Aneka Usaha (Tunas). Tidak menutup kemungkinan kepada pihak swasta (investor). Kami memberikan kesempatan dalam berinvestasi tentang usaha perparkiran di Kota Malang," ujar Wasto.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Handi Priyanto menyatakan sangat mendukung langkah tersebut. Menurutnya, sistem parkir vertikal bisa mengurangi kemacetan yang diakibatkan kendaraan parkir di bahu jalan.

"Kami berkeinginan kantong-kantong parkir di Kota Malang, bisa terselenggara parkir model vertikal yang ada di lahan aset milik Pemkot," ujar Handi. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO