Sabtu, 18 Januari 2020 16:48

Gandeng TP PKK, Pemkot Pasuruan Gelar Lomba Cipta Menu

Rabu, 21 Agustus 2019 19:39 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Gandeng TP PKK, Pemkot Pasuruan Gelar Lomba Cipta Menu

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Tingkat Daerah di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Rabu (21/8). Lomba ini digelar bertepatan dengan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. menjelaskan, upaya penganekaragaman pangan menjadi sangat penting. Dari sisi ketersediaan, upaya tersebut dapat menyediakan pilihan pangan yang lebih beragam dengan pengembangan sumber daya lokal. 

"Dari sisi kebutuhan gizi, penganekaragaman pangan akan berpotensi untuk memperbaiki status gizi masyarakat dengan lebih baik," jelasnya. 

Dalam rangka mendukung tersebut, lanjut Teno, konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari. 

"Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi gizi yang seimbang," pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, M.M. menambahkan, maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba cipta menu adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA. 

"Peserta lomba cipta menu diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Pasuruan sebanyak 34 peserta. Sedangkan juri dari Akademi Gizi Surabaya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, dan Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan,“ tambahnya. 

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Plt. Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta jajarannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan, Tim dewan juri, peserta lomba serta undangan lain.

Dalam lomba cipta menu ini akan diberikan piagam penghargaan kepada semua peserta serta penghargaan berupa uang pembinaan dan tropi kepada peserta terbaik. 

Adapun penghargaan sebagai berikut: Juara I B2SA berupa trofi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta dipotong pajak, Juara II B2SA berupa trofi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta dipotong pajak, serta Juara III B2SA berupa trofi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta dipotong pajak.

Kemudian Juara Harapan I B2SA berupa tropy, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000 di potong pajak, Juara Harapan II B2SA berupa tropy, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta di potong pajak dan Juara Harapan III B2SA berupa tropy, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 750 ribu dipotong pajak.

Untuk pemenang terbaik dan juara I akan diikutkan lomba cipta menu tingkat Provinsi pada pelaksanaan Hari Pangan Sedunia pada bulan Oktober 2019. (ard/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...