Sabtu, 21 September 2019 14:45

Ada Balap Sepeda Tour de Indonesia, Sejumlah Ruas Jalan di Jember Dialihkan

Selasa, 20 Agustus 2019 13:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Ada Balap Sepeda Tour de Indonesia, Sejumlah Ruas Jalan di Jember Dialihkan
Para peserta Tour de Indonesia saat melintasi Ngawi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jember menjadi tuan rumah Balap Sepeda Tour de Indonesia tahun 2019 untuk etape 3 dan etape 4. Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, bakal dialihkan sementara dan ditutup secara bertahap selama tanggal 21 - 22 Agustus 2019.

Nantinya, Alun-alun Jember bakal menjadi finish point etape 3 Kejuaraan Internasional Balap Sepeda bergengsi ini. Di mana para pesertanya, sekitar 100 pembalap nasional dan internasional, yang menempuh jarak 825,2 km yang dibagi dalam 5 etape. Diketahui untuk Etape pertama start dari Candi Borobudur Magelang dan finish di Ngawi. Etape kedua berangkat dari Madiun dan finish di Batu.

Etape ketiga, start dari Batu dan finish di Alun-alun Jember, diteruskan etape keempat finish di kawasan Ijen Banyuwangi. Etape terakhir atau etape kelima akan diberangkatkan dari Gilimanuk dan finish di Bangli - Bali.

Pada etape 3 untuk pengalihan arus lalu lintas akan dimulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, mulai dari perbatasan kota Jember - Lumajang hingga perempatan lampu merah Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Untuk penutupan jalan total akan dilakukan saat memasuki jalur finish poin etape 3, dari jalur sisi utara depan Transmart, hingga Alun-Alun kota Jember.

"Untuk balapnya nanti diprediksi berlangsung selama 1 jam, dari Pukul 13.00 - 14.00 WIB. Kalau sesuai jadwal, berakhirnya pukul 14.30 WIB. Prediksi durasi waktu ini dari kegiatan gladi resik kemarin dengan kecepatan laju sepeda 60 - 70 km/jam," kata Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (20/8/2019) siang.

Untuk penutupan jalan total tidak dilakukan, tapi pengalihan arus lalu lintas. "Jika ada kendaraan yang masuk jalur balap, akan diminta menepi sejenak atau diarahkan untuk lewat jalur lain," sambungnya.

Tetapi sesampainya di perempatan Mangli, jalur tersebut akan ditutup total sampai di Alun-Alun Kota Jember. "Karena di jalur tersebut sepeda akan melaju dengan kecepatan tinggi 'sprint', mulai dari Transmart sisi Utara jalan, sampai Alun-Alun jaraknya 5 kilometer. Karena itu, untuk keamanan pembalap maka ditutup total. Untuk pengalihan arus kendaraan mau ke Banyuwangi lewat perempatan Mangli ke Selatan, ke Bondowoso dari perempatan Mangli ke Utara," jelasnya.

"Kita saling bersinergi dengan stakeholder terkait, seperti Dishub dan juga panitia di Jember," imbuhnya.

Diketahui usai etape 3, para pembalap sepeda bakal bermalam di sejumlah hotel Jember yang sudah disediakan panitia, sebelum melanjutkan etape 4 .

"Untuk persiapan sudah 80 persen terkait balap sepeda besok. Koordinasi dan komunikasi juga sudah dilakukan dengan Dishub Jember dan Polres Jember sebagai pihak yang membantu di daerah," kata Ketua Panitia Daerah Event Balap Sepeda Tour de Indonesia tahun 2019 Aries Bawono saat dikonfirmasi terpisah.

"Untuk peserta balap sepeda ini, total ada sekitar 100 peserta, rinciannya 80 pembalap mancanegara, dan 20 pembalap Indonesia," sebutnya. (jbr1/yud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...