Jumat, 15 November 2019 12:42

Meriahkan HUT RI ke-74, Gapura Pintu Masuk Mapolres Pasuruan Berhias Bangunan Cheng Hoo

Jumat, 16 Agustus 2019 21:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andy Fachrudin
Meriahkan HUT RI ke-74, Gapura Pintu Masuk Mapolres Pasuruan Berhias Bangunan Cheng Hoo
Jajaran Polres Pasuruan foto bersama dengan latar belakang gapura Cheng Hoo.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan mempercantik bangunan kantornya dengan memasang gapura di gerbang pintu masuk Mapolres Pasuruan guna memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Gapura dibuat malam hari kemarin (Kamis (15/8) terpasang. Tujuannya tak lain untuk memeriahkan momen HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo, S.I.K., M.H. saat ditemui Bangsaonline.com di ruang kerjanya, Jum'at. (16/08/2019).

Menurut Kapolres Pasuruan, pembangunan gapura tersebut menindaklanjuti perintah pucuk pimpinan Polri, di mana pemerintah pusat meminta jajaran kepolisian membuat gapura di pintu masuk perkantoran.

"Karena juga dilombakan, maka kami membuat sekreatif dan seunik mungkin. Adapun pembangunan gapura tersebut kita memfokuskan makna ikon yang ada di Kabupaten Pasuruan, yaitu masjid Cheng Hoo. Tinggi gapura sekitar lima meter, dan lebar tujuh meter," jelasnya.

(Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo. S.I.K. M.H. saat membagikan bendera merah putih kepada pengendara motor yang hendak masuk ke Mapolres Pasuruan)

Untuk membangun gapura ala Cheng Hoo, Kapolres mengatakan melakukan pengecatan masing-masing sisi gapura dengan warna merah dan putih. Agar lebih semarak, gapura juga dipasangi lampu hias, sehingga pemandangan kian indah ketika lampu menyala malam hari.

"Kerlap-kerlip lampu hias aneka warna menyala di sepanjang bangunan gapura kalau malam. Dan di sisi lain kita melaksanakan sesuai kebijakan bapak Presiden," tegasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat meminta masyarakat Indonesia untuk membangun gapura dalam rangka perayaan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Adapun kegiatan tersebut memiliki sejumlah tujuan posistif. Di antaranya, menyatukan semangat persatuan, persaudaraan, dan gotong royong, sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus atau hari kemerdekaan Republik Indonesia. (maf/par/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...