Minggu, 12 Juli 2020 17:09

Meriahkan HUT RI ke-74, Gapura Pintu Masuk Mapolres Pasuruan Berhias Bangunan Cheng Hoo

Jumat, 16 Agustus 2019 21:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andy Fachrudin
Meriahkan HUT RI ke-74, Gapura Pintu Masuk Mapolres Pasuruan Berhias Bangunan Cheng Hoo
Jajaran Polres Pasuruan foto bersama dengan latar belakang gapura Cheng Hoo.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan mempercantik bangunan kantornya dengan memasang gapura di gerbang pintu masuk Mapolres Pasuruan guna memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Gapura dibuat malam hari kemarin (Kamis (15/8) terpasang. Tujuannya tak lain untuk memeriahkan momen HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo, S.I.K., M.H. saat ditemui Bangsaonline.com di ruang kerjanya, Jum'at. (16/08/2019).

Menurut Kapolres Pasuruan, pembangunan gapura tersebut menindaklanjuti perintah pucuk pimpinan Polri, di mana pemerintah pusat meminta jajaran kepolisian membuat gapura di pintu masuk perkantoran.

"Karena juga dilombakan, maka kami membuat sekreatif dan seunik mungkin. Adapun pembangunan gapura tersebut kita memfokuskan makna ikon yang ada di Kabupaten Pasuruan, yaitu masjid Cheng Hoo. Tinggi gapura sekitar lima meter, dan lebar tujuh meter," jelasnya.

(Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo. S.I.K. M.H. saat membagikan bendera merah putih kepada pengendara motor yang hendak masuk ke Mapolres Pasuruan)

Untuk membangun gapura ala Cheng Hoo, Kapolres mengatakan melakukan pengecatan masing-masing sisi gapura dengan warna merah dan putih. Agar lebih semarak, gapura juga dipasangi lampu hias, sehingga pemandangan kian indah ketika lampu menyala malam hari.

"Kerlap-kerlip lampu hias aneka warna menyala di sepanjang bangunan gapura kalau malam. Dan di sisi lain kita melaksanakan sesuai kebijakan bapak Presiden," tegasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat meminta masyarakat Indonesia untuk membangun gapura dalam rangka perayaan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Adapun kegiatan tersebut memiliki sejumlah tujuan posistif. Di antaranya, menyatukan semangat persatuan, persaudaraan, dan gotong royong, sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus atau hari kemerdekaan Republik Indonesia. (maf/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...