Minggu, 18 Agustus 2019 04:41

72 Peserta Inchan 2019 Belajar Budaya dan Seni Banyuwangi

Rabu, 14 Agustus 2019 10:13 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ganda Siswanto
72 Peserta Inchan 2019 Belajar Budaya dan Seni Banyuwangi
Alumni BSBI tampil di pentas pembukaan Inchan 2019 di Taman Blambangan dengan menampilkan tari Topeng.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pagelaran Seni Indonesia Channel (Inchan) 2019 di Taman Blambangan Banyuwangi dibuka langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Selasa malam (13/8/2019).

Pagelaran yang diadakan Kemenlu RI ini diikuti 72 pemuda dari 40 Negara sahabat peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Diadakannya pagelaran ini bertujuan menebar semangat pemuda-pemudi di tanah air agar semakin mencintai, mempelajari, dan melestarikan budaya nusantara. Karena budaya adalah jati diri bangsa yang menjadi aset ekonomi dan pembangunan.

Pagelaran Inchan 3019 ini sudah digelar mulai 2003 dan Kabupaten Banyuwangi yang berjuluk Sunrise of Java mendapatkan penghormatan sebagai tuan rumah untuk pagelaran Inchan yang ke-17.

Dengan mengakat tema “Mosaic of Indonesia”, ini merupakan representasi Bhinneka Indonesia yang multietnik dan tradisi, multireligi, dan kepercayaan, multi bahasa yang berharmoni dalam payung kesatuan - INDONESIA.

"Banyuwangi kami pilih sebagai lokasi pelaksanaan Inchan 2019 karena Banyuwangi dengan kemajemukannya bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Mulai dari budaya, religi, dan kepercayaan, kreasi, dan inovasi pemerintah dan masyarakatnya dalam mengembangkan potensi daerah, khususnya seni budaya. Selain juga potensi ekonomi kreatif dan investasi yang perlu semakin dipromosikan," kata Menteri LN Retno dalam sambutannya.

"Melalui BSBI ini Indonesia mengajak generasi muda dari berbagai negara untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia. Nantinya mereka akan kami sebar di setiap daerah yang sudah kami pilih seperti di tahun ini. Terdapat enam daerah yang dipilih yakni Padang, Kutai Kartanegara, Makassar, Bali, Banyuwangi, dan Yogyakarta. Para peserta dari luar negeri selama 3 (tiga) bulan wajib tinggal bersama masyarakat dan berlatih di sanggar dan universitas mitra Kemenlu RI,” paparnya.

Peserta diharapkan nantinya dapat menjadi sahabat dari Indonesia di masa mendatang. Selain itu. "Para peserta juga akan kami persiapkan program Diplomatic Tour ekplorasi potensi ekonomi dan investasi untuk daerah yang terpilih terutamanya Banyuwangi untuk di promosikan di negara asal para peserta," tambahnya.

Di pentas seni kali ini, para bule alumni BSBI membawakan lagu daerah, tarian yang dibalut cerita kolosal dari berbagai daerah di Indonesia seperti tarian Padang, Minang, Bali, Banyuwangi, Kutai Kartanegara, dan Makasar yang disuguhkan secara langsung di Kemenlu RI,

Sejumlah Dubes dan perwakilan Diplomatik dari Negara sahabat, Gubenur Sumatra Barat, Bupati Banyuwangi, dan masyarakat banyuwangi yang memenuhi acara pembukaan inchan 2019 ini.

Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi mengatakan sangat berterima kasih sekali kepada Kemenlu yang memberikan kepercayaan kepada Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah pagelaran Inchan 2019 kali ini.

“Kegiatan program Kemenlu ini nantinya bisa kami manfaatkan untuk mempromosikan culture budaya dan seni Banyuwangi di mancanegara terutamanya di negara asal para peserta inchan 2019,” ujarnya. (gda/dur)

(Para bule alumni BSBI menampilkan tarian tradisional Indonesia di Inchan 2019)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...