72 Peserta Inchan 2019 Belajar Budaya dan Seni Banyuwangi

72 Peserta Inchan 2019 Belajar Budaya dan Seni Banyuwangi Alumni BSBI tampil di pentas pembukaan Inchan 2019 di Taman Blambangan dengan menampilkan tari Topeng.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pagelaran Seni Indonesia Channel (Inchan) 2019 di Taman Blambangan Banyuwangi dibuka langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Selasa malam (13/8/2019).

Pagelaran yang diadakan Kemenlu RI ini diikuti 72 pemuda dari 40 Negara sahabat peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Diadakannya pagelaran ini bertujuan menebar semangat pemuda-pemudi di tanah air agar semakin mencintai, mempelajari, dan melestarikan budaya nusantara. Karena budaya adalah jati diri bangsa yang menjadi aset ekonomi dan pembangunan.

Pagelaran Inchan 3019 ini sudah digelar mulai 2003 dan Kabupaten Banyuwangi yang berjuluk Sunrise of Java mendapatkan penghormatan sebagai tuan rumah untuk pagelaran Inchan yang ke-17.

Dengan mengakat tema “Mosaic of Indonesia”, ini merupakan representasi Bhinneka Indonesia yang multietnik dan tradisi, multireligi, dan kepercayaan, multi bahasa yang berharmoni dalam payung kesatuan - INDONESIA.

"Banyuwangi kami pilih sebagai lokasi pelaksanaan Inchan 2019 karena Banyuwangi dengan kemajemukannya bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Mulai dari budaya, religi, dan kepercayaan, kreasi, dan inovasi pemerintah dan masyarakatnya dalam mengembangkan potensi daerah, khususnya seni budaya. Selain juga potensi ekonomi kreatif dan investasi yang perlu semakin dipromosikan," kata Menteri LN Retno dalam sambutannya.

"Melalui BSBI ini Indonesia mengajak generasi muda dari berbagai negara untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia. Nantinya mereka akan kami sebar di setiap daerah yang sudah kami pilih seperti di tahun ini. Terdapat enam daerah yang dipilih yakni Padang, Kutai Kartanegara, Makassar, Bali, Banyuwangi, dan Yogyakarta. Para peserta dari luar negeri selama 3 (tiga) bulan wajib tinggal bersama masyarakat dan berlatih di sanggar dan universitas mitra Kemenlu RI,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO