Kemenag Tuban Galakkan Bimbingan Perkawinan Kepada Calon Pengantin

Kemenag Tuban Galakkan Bimbingan Perkawinan Kepada Calon Pengantin Kepala Kemenag Tuban, Sahid saat menyampaikan paparan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - terus menggalakkan kegiatan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin. Kali ini ada 18 pasangan calon pengantin yang mendapatkan bimbingan, bertempat di aula Kecamatan Rengel, Jum'at (9/8).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid menjelaskan, bimbingan diberikan agar pasangan pengantin menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Selain itu, untuk menekan angka perceraian yang makin tinggi.

"Menurut hasil survei, perceraian 70 persen dari pihak perempuan yang menggugat, sedangkan talak laki-laki hanya 30 persen," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, selama 2011 saja, ada 258.119 pasangan yang bercerai atau sekitar 11 persen dari total 2.319.821 pasangan yang menikah. Sedangkan pada 2012, jumlahnya meningkat menjadi 324.527 yang bercerai atau 26 persen dari 2.29.265 pasangan menikah.

"Jika diambil rata-rata setiap bulan ada 2.557 orang yang cerai. Jadi setiap hari ada 959 pasangan cerai, tiap jam cerai 40 orang," paparnya.

Untuk itu, Sahid berpesan kepada calon pengantin yang telah mendapatkan bimbingan perkawinan, bisa menjadi contoh bagi lingkungannya. "Bila perlu kesampingkan ego, saling untuk meminta maaf dan saling berebut menyalahkan diri sendiri. Kalau seperti itu, insyaallah perkawinan kekal sampai kakek nenek," pungkas Sahid.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Rengel Kasdikin berpesan agar para calon pengantin untuk santai dan tenang apabila nantinya mendapati prahara rumah tangga setelah menikah.

"Dari 100 orang yang daftar nikah, yang hadir di sini yang beruntung, sekitar 18 pasang calon pengantin," paparnya.  (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO