Beri Rasa Aman Kepada Masyarakat, Dinas Peternakan Sidak Tempat Penjualan Hewan Qurban

Beri Rasa Aman Kepada Masyarakat, Dinas Peternakan Sidak Tempat Penjualan Hewan Qurban Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan melakukan inspeksi ke 6 pasar hewan yang mejadi pusat penjualan hean Qurban. Enam pasar itu yakni berlokasi di Kecamatan Grati, Gondangwetan, Sukorejo, Gempol, dan Pandaan. Sidak tersebut melibatkan tim dari Bidang Kesmavet dan Keswan yang ada di masing-masing Kecamatan.

Menurut keterangan Drh. Panti Apsari, Kasi Kesmavet Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, tujuan inspeksi tersebut untuk memastikan kondisi hewan Qurban yang dijual oleh para pedagang.

"Apakah layak konsumsi. Ukuran kelayakan itu misalnya, hewan kurban tidak cacat, sudah berumur atau yang sudah poel. Tidak hanya itu, hewan juga harus dipastikan sempurna fisik maupun kesehatanya. Rencana kegiatan pemeriksaan hewan Qurban di lakukan selama tiga hari yakni mulai tanggal tanggal 3 hingga 7,” jelas Panti.

Untuk mengantisipasi masuknya hewan Qurban yang dijual pedagang dari luar Pasuruan yang kemungkinan belum diketahui jaminan kesehatannya, Panti mengatakan saat ini sudah ada larangan. Namun demikian, Panti menegaskan Dinas Peternakan tetap akan melakukan pemeriksaan  untuk mengatisipasi terjadinya penularan penyakit ke Pasuruan. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO