Wali Kota Pasuruan Imbau Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing

Wali Kota Pasuruan Imbau Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing Pertemuan membahas persiapan Hari Raya Idul Adha 1442 H di Pendopo Surga Surgi, Minggu (18/7/2021).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengimbau masyarakat melaksanakan Salat Idul Adha di rumah masing-masing. Hal ini berdasarkan kesepakatan bersama tokoh ulama dari NU, Muhammadiyah, MUI, serta tokoh masyarakat lainnya dalam pertemuan membahas persiapan Hari Raya Idul Adha 1442 H di Pendopo Surga Surgi, Minggu (18/7/2021). Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota Adi Wibowo, Kapolres Pasuruan Kota, dan Dandim Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut, para ulama kompak meminta agar pelaksanaan Salat Idul Adha dilakukan di rumah masing-masing untuk mencegah kerumunan. Mengingat kondisi masih pandemi Covid-19, dan pemerintah menerapkan PPKM darurat.

Seperti disampaikan Gus Amak, bahwa Salat Idul Adha hukumnya sunah muakad. "Maka dalam pelaksanaannya untuk menghindari kerumunan kita salat di rumah," ujarnya seraya mengatakan bahwa Salat Idul Adha di rumah tidak akan menghilangkan pahala.

"Ada pilihan salat ied itu tidak harus berjamaah, artinya alat sendiri bisa tanpa khutbah. Sebaikya salat ied dilaksanakan berjamaah, tapi kami menghimbau dilaksanakan bersama keluarga di rumah masing-masing," pesannya.

Senada juga disampaikan perwakilan ulama dari Muhammadiyah, yang menganjurkan agar salat ied dilakukan bersama keluarga di rumah masing-masing. Baik tanpa khutbah ataupun dengan khutbah.

Simak berita selengkapnya ...