Kepala Kemenag Lamongan Imbau CJH Selalu Jaga Kesehatan

Kepala Kemenag Lamongan Imbau CJH Selalu Jaga Kesehatan H. Sholeh, M.Si, Kepala Kemenag Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, H. Sholeh, mengimbau kepada seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lamongan untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Cuaca di Arab Saudi sangat panas, jadi bagi jemaah untuk dapat tetap menjaga kesehatan, dan banyak minum air putih," ujar Sholeh, Kamis (1/8).

Meskipun cuaca sedang ekstrem, namun Sholeh meyakinkan para jemaah agar tidak terlalu khawatir tetap, yang penting waspada. "Dengan banyak minum akan bisa menambah ketahanan tubuh dan juga bisa terhindar dari berbagai penyakit," jelasnya.

Sholeh juga meminta para pendamping agar meningkatkan volume komunikasi terutama terkait pemakaian obat-obatan. Ia mengingatkan petugas kloter harus segera menghubungi stakeholder perhajian yang ada di Arab Saudi jika persediaan obat mulai menipis.

“Saya minta petugas kloter atau Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH) juga rajin melihat kondisi jamaah. Beri petunjuk kepada jamaah apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Setiap jamaah sudah diidentifikasi berdasarkan risiko kesehatannya dari gelang indikator kesehatan yang digunakan," ujarnya.

Menurut Sholeh, para CJH juga telah diberikan imbauan pada saat manasik. "Mereka (CJH) harus mempersiapkan mental dulu, yaitu meluruskan niat untuk melaksanakan ibadah haji. Itu yang paling penting. Para CJH harus selalu menjaga hati dan mengubah kebiasaan di sini selama di tanah suci," harapnya.

Soleh menambahkan, kloter 79 dan 80 berangkat pada 2 Agustus dan masuk asrama mulai pukul 14.00 WIB. Kloter 81 dan 82 pada tanggal 3 Agustus dan masuk asrama pada jam yang sama. Nantinya tiap kloter akan didampingi oleh lima petugas yang terdiri dari, Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Alhamdulillah jika tahun lalu keberangkatan dilakukan di malam hari, Insya Allah tahun ini kesemua kloter terdiri 1.728 CJH akan diberangkatkan di siang hari,” pungkasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO