Pemkot Surabaya Sudah Pulangkan 294 PMKS ke Daerah Asalnya

Pemkot Surabaya Sudah Pulangkan 294 PMKS ke Daerah Asalnya Kepala Dinas Sosisal Kota Surabaya Supomo saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (30/7/2019). foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya setiap bulannya rutin memulangkan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ke daerah asalnya. Terhitung sampai Juni 2019, mereka telah memulangkan sebanyak 294 PMKS setelah dinyatakan sembuh oleh tim dokter spesialis jiwa.

Kepala Dinas Sosisal Kota Surabaya Supomo merinci, pada Januari 2019 ada 20 PMKS yang dipulangkan, Februari ada 51 PMKS, Maret ada 61 PMKS, April ada 38 PMKS, Mei ada 42 PMKS, Juni ada 82 PMKS.

“Totalnya hingga Juni 2019 sudah mencapai 294 PMKS yang dipulangkan,” rinci Supomo saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (30/7/2019).

Menurutnya, para PMKS yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang itu lalu diantar oleh relawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Para relawan ini akan mengantarkan PMKS itu hingga sampai ke keluarganya masing-masing, sehingga tidak dibiarkan terlantar sendirian.

Ia mengungkapkan, banyak cerita tak terduga yang dirasakan dan dialami oleh para TKSK ini. Bahkan, ada cerita ketika mengantarkan pulang ke rumahnya, ternyata pihak keluarga sedang menggelar pengajian 1.000 harinya si PMKS ini. Mereka pun kaget.

Di samping itu, Supomo juga menjelaskan bahwa pemulangan PMKS yang sudah sembuh itu sangat penting karena PMKS baru selalu berdatangan. Meskipun selalu rutin dipulangkan, tapi sampai saat ini penghuni Liponsos masih sangat banyak.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO