Sabtu, 18 Januari 2020 17:10

Mahapatih Gajah Mada di Mojokerto Siap Jadi Patung Tertinggi dan Terbesar

Selasa, 30 Juli 2019 00:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Mahapatih Gajah Mada di Mojokerto Siap Jadi Patung Tertinggi dan Terbesar
Pembuatan Patung Maha Patih Gajah Mada yang sudah mencapai 75 persen.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Patung Mahapatih Gajah Mada di Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, dengan tinggi 30 meter dan lebar 9 meter sudah mencapai bagian kepala patung.

Patung yang dibangun persis di depan Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit, akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di kawasan Mojokerto. Hingga pada Senin (29/7/2019), pembangunan patung Mahapatih Gajah Mada telah merampungkan bagian kepala dan badan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semua material dan pekerja yang menggarap patung merupakan warga asli Mojokerto. Pengerjaan patung dilakukan secara manual.

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati, Mulyono, menjelaskan, bagian patung merupakan murni pembuatan dari pekerja, tanpa memesan kepada seniman patung dari daerah lain.

“Saya mendapat amanah melalui Forum Silaturahmi Seluruh Keraton se-Nusantara, untuk membangun arca Mahapatih Gajah Mada pada 2005. Namun, baru bisa terlaksana 2014 ke 2016 dan sekarang masih berlanjut,” ungkap Mulyono Senin (29/7/2019).

Mulyono menambahkan, semua pekerja yang membangun patung tersebut, bukan seorang seniman. Melainkan seorang tukang las besi yang selama ini mengerjakan beberapa pekerjaan di Wisata Desa.

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati tersebut, mengaku menggunakan dana pribadi untuk pembangunan arca tersebut.

"Dulu ada pihak yang mau menyumbang, tapi dengan terpaksa kami tolak,” kata Mulyono.

“Memang saya gunakan dana pribadi, masalah izin sudah satu paket sama izin wisata. Di sini tidak ada target selesai kapan, dijalani saja pelan-pelan. Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada kendala,” tambahnya.

Mulyono berharap, tahun depan patung tersebut sudah selesai. Patung tersebut akan Menjadi ikon wisata dari Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit. Rencananya, akan dijadikan sebagai pusat wisata religi. (ris/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...