Minggu, 15 September 2019 22:00

Mahapatih Gajah Mada di Mojokerto Siap Jadi Patung Tertinggi dan Terbesar

Selasa, 30 Juli 2019 00:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Mahapatih Gajah Mada di Mojokerto Siap Jadi Patung Tertinggi dan Terbesar
Pembuatan Patung Maha Patih Gajah Mada yang sudah mencapai 75 persen.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Patung Mahapatih Gajah Mada di Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, dengan tinggi 30 meter dan lebar 9 meter sudah mencapai bagian kepala patung.

Patung yang dibangun persis di depan Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit, akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di kawasan Mojokerto. Hingga pada Senin (29/7/2019), pembangunan patung Mahapatih Gajah Mada telah merampungkan bagian kepala dan badan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semua material dan pekerja yang menggarap patung merupakan warga asli Mojokerto. Pengerjaan patung dilakukan secara manual.

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati, Mulyono, menjelaskan, bagian patung merupakan murni pembuatan dari pekerja, tanpa memesan kepada seniman patung dari daerah lain.

“Saya mendapat amanah melalui Forum Silaturahmi Seluruh Keraton se-Nusantara, untuk membangun arca Mahapatih Gajah Mada pada 2005. Namun, baru bisa terlaksana 2014 ke 2016 dan sekarang masih berlanjut,” ungkap Mulyono Senin (29/7/2019).

Mulyono menambahkan, semua pekerja yang membangun patung tersebut, bukan seorang seniman. Melainkan seorang tukang las besi yang selama ini mengerjakan beberapa pekerjaan di Wisata Desa.

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyojati tersebut, mengaku menggunakan dana pribadi untuk pembangunan arca tersebut.

"Dulu ada pihak yang mau menyumbang, tapi dengan terpaksa kami tolak,” kata Mulyono.

“Memang saya gunakan dana pribadi, masalah izin sudah satu paket sama izin wisata. Di sini tidak ada target selesai kapan, dijalani saja pelan-pelan. Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada kendala,” tambahnya.

Mulyono berharap, tahun depan patung tersebut sudah selesai. Patung tersebut akan Menjadi ikon wisata dari Wisata Desa Bumi Mulyojati Mojopahit. Rencananya, akan dijadikan sebagai pusat wisata religi. (ris/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...