20 Tahun Jalan Poros di Lingkungan Wangkal Kalipuro Tak Diperhatikan Pemda Banyuwangi

20 Tahun Jalan Poros di Lingkungan Wangkal Kalipuro Tak Diperhatikan Pemda Banyuwangi Ketua RT 02 Lingkungan Wangkal, Abdullah saat bertugas minta sumbangan dari pengguna jalan. Drum aspal dan pasir hasil dari sumbangan swadaya masyarakat. foto: GANDA SISWANTO/ BANGSAONLINE

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com-  Demi memiliki sarana jalan yang baik, warga Kelurahan Kalipuro Lingkungan Wangkal RT 02 RW 02 meminta sumbangan dana pada warga setempat maupun pengguna jalan yang melintas di Lingkungan Wangkal.

Menurut Ketua RT, Abdullah, pihaknya meminta swadaya kepada masyarakat maupun pengguna jalan hanya tiap hari Rabu dan Minggu saja. Penarikan swadaya ini sudah dilakukan selama 13 bulan.

Tujuannya untuk memperbaiki jalan poros Kelurahan Kalipuro yang berada di Lingkungan Wangkal sepanjang 1 kilometer. Karena kondisi jalan yang sudah rusak parah. "Nantinya hasil dari sumbangan swadaya ini akan kami belikan aspal," terangnya

Abdullah menjelaskan perbaikan swadaya itu dilakukan warga karena hingga sekarang belum sama sekali mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda). Sedangkan pengaspalan jalan pertama kali tahun 1999.

"Pertama kali kami bersama warga melakukan pengecoran jalan yang rusak, teryata tidak kuat. Makanya, untuk perbaikan yang kedua ini hasil uang dari sumbangan masyarakat dan pengguna jalan sudah kami belikan 2 drum aspal dan pasir," jelasnya.

Abdullah selaku ketua RT mengaku, sudah sering mengajukan setiap tahunnya pada waktu Musyawarah Perencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel).

"Tapi kenyataannya sampai kami turun ke jalan meminta sumbangan kepada masyarakat pengajuan perbaikan jalan ini belum ada buktinya sama sekali sampai sekarang," imbuh Abdullah kepada BANGSAONLINE.

Lurah Kalipuro Slamet Suryono menambahkan, sebenarnya usulan progam perbaikan jalan tersebut sudah diajukan setiap tahunnya di Kecamatan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam).

"Kemungkinan jalan poros yang ada di Lingkungan Wangkal belum masuk prioritas. Yang menentukan semua Pemda. Ke depannya saya berharap semoga pengajuan yang kami usulkan ini bisa disetujui oleh Pemda," imbuhnya

Camat Kalipuro Hendri Swartono membenarkan, bahwa akses perbaikan jalan itu sudah diajukan ke Pemda. "Kami upayakan lagi ke Pemda agar secepatnya bisa diperbaiki," katanya. (gda/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO