Minggu, 23 Februari 2020 19:49

Konferwil XIV GP Ansor Jatim, KH. Marzuki Mustamar Restui Langkah Gus Abid

Selasa, 23 Juli 2019 23:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Konferwil XIV GP Ansor Jatim, KH. Marzuki Mustamar Restui Langkah Gus Abid
KH. Marzuki Mustamar Ketua PWNU Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar merestui langkah Moh Abid Umar Faruq atau Gus Abid maju sebagai calon Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jatim pada Konferwil XIV GP Ansor Jatim, Ahad (28/7).

Kiai Marzuki yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang yang menjadi lokasi acara Konferwil, mengaku telah didatangi cucu KH. Zainuddin Djazuli itu. Sebagai Ketua PWNU, ia merestui ikhtiar Gus Abid dalam Konferwil Ansor.

Ia juga mengatakan telah menasehati Gus Abid agar ikhlas dalam berkhidmat di Ansor sekaligus menjaga nama baik Mbah Din. Karena Mbah Din bukan hanya milik keluarga besar Ploso tapi juga milik seluruh warga NU, khususnya NU di Jatim.

“Gus Abid sudah datang ke saya, saya restui ikhtiarnya di Konferwil. Saya juga beri nasihat agar ia menjaga nama baik Mbahnya, KH. Zainuddin Djazuli sebagai tokoh NU yang dituakan di Jawa Timur,” tutur Kiai Marzuki, Selasa (23/7).

Dosen UIN Maliki, Malang ini menjelaskan, sebagai Ketua PWNU, ia wajib memberi restu siapa pun yang datang untuk meminta restu, termasuk kandidat lain di luar Gus Abid. Hanya saja ia mengingatkan agar dalam Konferwil nanti tidak ada tekanan, intervensi, apalagi duit-duitan.

Kiai Marzuki berpesan, siapa pun yang nantinya terpilih sebagai Ketua GP Ansor Jatim bisa melaksanakan rantingisasi, yakni satu kelurahan atau desa ada satu ranting Ansor. Demikian pula satu kelurahan atau desa ada satu peleton Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

“Rantingisasi dan peletonisasi itu wajib hukumnya dilaksanakan oleh Ketua Ansor terpilih. Struktur Ansor harus ada dan menyetuh lapisan masyarakat yang paling bawah. Apalagi ini Jatim, barometer nasional,” imbuhnya.

Terpisah, Gus Abid sebagai kandidat calon Ketua PW GP Ansor Jatim mengungkapkan kesiapan dirinya melaksanakan pesan Kiai Marzuki bila terpilih memimpin Ansor di Jatim untuk 4 tahun ke depan. Abid membeberkan, saat dirinya ditunjuk Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas untuk memimpin Ansor Jatim selama 6 bulan, dirinya telah menghidupkan 432 ranting yang telah mati. Demikian pula dengan sejumlah cabang yang lama mati, bisa dihidupkan kembali.

"Insya Allah, kalau saya diberi kesempatan selama 4 tahun memimpin Ansor di Jatim, saya akan realisasikan satu desa/kelurahan satu ranting Ansor dan satu desa/kelurahan satu peleton Banser. Ranting dan Peleton itu pun tak sekadar ada, tapi harus diberdayakan sehingga terasa manfaatnya oleh masyarakat," kata pengajar kitab Fiqih Riyadul Badi'ah di Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri itu. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...