Sabtu, 21 September 2019 10:32

Konferwil XIV GP Ansor Jatim, KH. Marzuki Mustamar Restui Langkah Gus Abid

Selasa, 23 Juli 2019 23:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Konferwil XIV GP Ansor Jatim, KH. Marzuki Mustamar Restui Langkah Gus Abid
KH. Marzuki Mustamar Ketua PWNU Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar merestui langkah Moh Abid Umar Faruq atau Gus Abid maju sebagai calon Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jatim pada Konferwil XIV GP Ansor Jatim, Ahad (28/7).

Kiai Marzuki yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang yang menjadi lokasi acara Konferwil, mengaku telah didatangi cucu KH. Zainuddin Djazuli itu. Sebagai Ketua PWNU, ia merestui ikhtiar Gus Abid dalam Konferwil Ansor.

Ia juga mengatakan telah menasehati Gus Abid agar ikhlas dalam berkhidmat di Ansor sekaligus menjaga nama baik Mbah Din. Karena Mbah Din bukan hanya milik keluarga besar Ploso tapi juga milik seluruh warga NU, khususnya NU di Jatim.

“Gus Abid sudah datang ke saya, saya restui ikhtiarnya di Konferwil. Saya juga beri nasihat agar ia menjaga nama baik Mbahnya, KH. Zainuddin Djazuli sebagai tokoh NU yang dituakan di Jawa Timur,” tutur Kiai Marzuki, Selasa (23/7).

Dosen UIN Maliki, Malang ini menjelaskan, sebagai Ketua PWNU, ia wajib memberi restu siapa pun yang datang untuk meminta restu, termasuk kandidat lain di luar Gus Abid. Hanya saja ia mengingatkan agar dalam Konferwil nanti tidak ada tekanan, intervensi, apalagi duit-duitan.

Kiai Marzuki berpesan, siapa pun yang nantinya terpilih sebagai Ketua GP Ansor Jatim bisa melaksanakan rantingisasi, yakni satu kelurahan atau desa ada satu ranting Ansor. Demikian pula satu kelurahan atau desa ada satu peleton Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

“Rantingisasi dan peletonisasi itu wajib hukumnya dilaksanakan oleh Ketua Ansor terpilih. Struktur Ansor harus ada dan menyetuh lapisan masyarakat yang paling bawah. Apalagi ini Jatim, barometer nasional,” imbuhnya.

Terpisah, Gus Abid sebagai kandidat calon Ketua PW GP Ansor Jatim mengungkapkan kesiapan dirinya melaksanakan pesan Kiai Marzuki bila terpilih memimpin Ansor di Jatim untuk 4 tahun ke depan. Abid membeberkan, saat dirinya ditunjuk Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas untuk memimpin Ansor Jatim selama 6 bulan, dirinya telah menghidupkan 432 ranting yang telah mati. Demikian pula dengan sejumlah cabang yang lama mati, bisa dihidupkan kembali.

"Insya Allah, kalau saya diberi kesempatan selama 4 tahun memimpin Ansor di Jatim, saya akan realisasikan satu desa/kelurahan satu ranting Ansor dan satu desa/kelurahan satu peleton Banser. Ranting dan Peleton itu pun tak sekadar ada, tapi harus diberdayakan sehingga terasa manfaatnya oleh masyarakat," kata pengajar kitab Fiqih Riyadul Badi'ah di Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri itu. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...