Kamis, 02 Juli 2020 20:38

Jadi Kandidat Ketua GP Ansor Jatim, Ini Rekam Jejak Gus Syafiq

Selasa, 23 Juli 2019 22:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Istihar
Jadi Kandidat Ketua GP Ansor Jatim, Ini Rekam Jejak Gus Syafiq
Gus Syafik (tiga dari kiri) bersama Gus Ali Tulangan Sidoarjo dan kandidat Ketua Ansor Jatim lainnya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Konferwil XIV PW GP Ansor Jatim yang dilaksanakan di Ponpes Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Ahad (28/7), telah muncul beberapa nama kandidat. Salah satunya berasal dari Kabupaten Tuban, yaitu Syafiq Sauqi yang kini menjabat sebagai Ketua GP Ansor Tuban.

Gus Syafiq yang juga putra dari cucu salah satu pendiri NU, Ponpes Tambak Beras, KH Wahab Hasbullah itu dimunculkan dalam pembahasan pra Konferwil XIV di Ponpes Bumi Sholawat, Kabupaten Sidoarjo. Pertemuan itu turut dihadiri Pengurus Pusat GP Ansor, Pengurus Wilayah (PW) Jatim, Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) seluruh wilayah Jawa Timur.

"Mohon restunya kepada sahabat sahabat Ansor Jatim, semoga barokah untuk berkhidmat kepada NU dan Ansor," tuturnya saat dikonfirmasi melalui nomor pribadinya, Selasa (23/7).

Sekadar informasi, Gus Syafiq merupakan jebolan Universitas Ahmad Kaftaru, Damaskus Syiria. Ia juga aktif mengikuti pengkaderan organisasi Ansor di sana. Pada tahun 2001 silam, Gus Syafiq pernah menjabat sebagai Sekretaris PCI NU Damaskus Syiria.

Setelah menyelesaikan studinya, Gus Syafiq kembali ke tanah air dan menikahi salah satu putri Bupati Tuban, KH. Fathul Huda. Kemudian, Gus Syafiq getol berproses mengikuti jenjang kaderisasi di ormas Ansor diawali dari dari PKD-PKL dan Susbanpim angkatan pertama di Jakarta saat itu. Bahkan, Gus Syafiq dalam Susbanpim menjadi lulusan terbaik Nasional.

Kemudian, dia menjadi Ketua Cabang GP Ansor Tuban secara berturut-turut atau dua periode yakni pada tahun 2012-2016 dan 2016-2020. Di tahun bersamaan tepatnya tahun 2017-2018, dirinnya menjabat sebagai Kasatwil Banser Jatim.

Terpisah, Sekretaris PC GP Ansor Tuban Harun Prasetyo mengatakan akan segera merekomendasikan dan mendaftarkan Gus Syafiq ke tim Formatur Konferwil di Malang.

Sementara itu, selain nama Gus Syafiq dari Tuban, seusai Pra Konferwil XIV di Sidoarjo muncul nama-nama sebagai kandidat Ketua PW GP Ansor Jatim antara lain KH Hasani Zubair (Ra Hasani) asal Bangkalan, Madura, dan Mohammad Abid Umar Faruq (Gus Abid) cucu KH Zainuddin Jazuli, Ploso, Kediri.

Adapun mekanisme pemilihan ketua PW GP Ansor Jatim, dari ketiga nama-nama tersebut akan disodorkan dan digodok oleh tim formatur, untuk kemudian ditawarkan di puncak acara Konferwil XIV PW GP Ansor Jatim, yang akan digelar pada 25 Dzul Qo'dah 1440 Hijriyah/ 28 Juli 2019 Masehi bertempat di Ponpes Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Jatim. (ahm/gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...