Sabtu, 21 September 2019 10:50

Jadi Kandidat Ketua GP Ansor Jatim, Ini Rekam Jejak Gus Syafiq

Selasa, 23 Juli 2019 22:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Istihar
Jadi Kandidat Ketua GP Ansor Jatim, Ini Rekam Jejak Gus Syafiq
Gus Syafik (tiga dari kiri) bersama Gus Ali Tulangan Sidoarjo dan kandidat Ketua Ansor Jatim lainnya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Konferwil XIV PW GP Ansor Jatim yang dilaksanakan di Ponpes Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Ahad (28/7), telah muncul beberapa nama kandidat. Salah satunya berasal dari Kabupaten Tuban, yaitu Syafiq Sauqi yang kini menjabat sebagai Ketua GP Ansor Tuban.

Gus Syafiq yang juga putra dari cucu salah satu pendiri NU, Ponpes Tambak Beras, KH Wahab Hasbullah itu dimunculkan dalam pembahasan pra Konferwil XIV di Ponpes Bumi Sholawat, Kabupaten Sidoarjo. Pertemuan itu turut dihadiri Pengurus Pusat GP Ansor, Pengurus Wilayah (PW) Jatim, Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) seluruh wilayah Jawa Timur.

"Mohon restunya kepada sahabat sahabat Ansor Jatim, semoga barokah untuk berkhidmat kepada NU dan Ansor," tuturnya saat dikonfirmasi melalui nomor pribadinya, Selasa (23/7).

Sekadar informasi, Gus Syafiq merupakan jebolan Universitas Ahmad Kaftaru, Damaskus Syiria. Ia juga aktif mengikuti pengkaderan organisasi Ansor di sana. Pada tahun 2001 silam, Gus Syafiq pernah menjabat sebagai Sekretaris PCI NU Damaskus Syiria.

Setelah menyelesaikan studinya, Gus Syafiq kembali ke tanah air dan menikahi salah satu putri Bupati Tuban, KH. Fathul Huda. Kemudian, Gus Syafiq getol berproses mengikuti jenjang kaderisasi di ormas Ansor diawali dari dari PKD-PKL dan Susbanpim angkatan pertama di Jakarta saat itu. Bahkan, Gus Syafiq dalam Susbanpim menjadi lulusan terbaik Nasional.

Kemudian, dia menjadi Ketua Cabang GP Ansor Tuban secara berturut-turut atau dua periode yakni pada tahun 2012-2016 dan 2016-2020. Di tahun bersamaan tepatnya tahun 2017-2018, dirinnya menjabat sebagai Kasatwil Banser Jatim.

Terpisah, Sekretaris PC GP Ansor Tuban Harun Prasetyo mengatakan akan segera merekomendasikan dan mendaftarkan Gus Syafiq ke tim Formatur Konferwil di Malang.

Sementara itu, selain nama Gus Syafiq dari Tuban, seusai Pra Konferwil XIV di Sidoarjo muncul nama-nama sebagai kandidat Ketua PW GP Ansor Jatim antara lain KH Hasani Zubair (Ra Hasani) asal Bangkalan, Madura, dan Mohammad Abid Umar Faruq (Gus Abid) cucu KH Zainuddin Jazuli, Ploso, Kediri.

Adapun mekanisme pemilihan ketua PW GP Ansor Jatim, dari ketiga nama-nama tersebut akan disodorkan dan digodok oleh tim formatur, untuk kemudian ditawarkan di puncak acara Konferwil XIV PW GP Ansor Jatim, yang akan digelar pada 25 Dzul Qo'dah 1440 Hijriyah/ 28 Juli 2019 Masehi bertempat di Ponpes Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Jatim. (ahm/gun/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...