Rabu, 27 Januari 2021 13:07

Cegah Stunting, Arumi Ajak Masyarakat Galakkan Sarapan Padat Bernutrisi

Senin, 22 Juli 2019 00:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Cegah Stunting, Arumi Ajak Masyarakat Galakkan Sarapan Padat Bernutrisi
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Dardak memberikan sambutan di acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi Serta launching Digital School di Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk terus menggalakkan kegiatan sarapan padat bernutrisi. Ajakan itu disampaikan agar persoalan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak di Jatim dapat dicegah.

Hal tersebut disampaikan Arumi Bachsin saat menghadiri acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi di Area Taman Bunga Alun-alun Kabupaten Sumenep, Ahad (21/7).

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak yang hari itu tampil kasual serba putih itu menjelaskan, bahwa faktor utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan nutrisi pada anak-anak. Sehingga kekurangan tersebut menyebabkan terlambat atau gagalnya masa pertumbuhan.

“Stunting itu adalah kegagalan pertumbuhan atau keterlambatan pertumbuhan yang salah satu faktornya adalah kurangnya nutrisi yang akut. Sehingga yang seharusnya bisa bertumbuh tinggi dan pintar menjadi kurang,” jelas Arumi di hadapan masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut dijelaskan, memberikan asupan nutrisi di pagi hari kepada anak-anak dinilainya sangat penting sekali. Setelah mereka tidur selama kurang lebih 10 jam, anak-anak secara tidak langsung juga melakukan puasa. Sehingga makanan yang pertama kali masuk harusnya padat nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh.

“Sarapan adalah salah satu asupan paling penting dalam sehari. Sehingga nutrisi pertama yang diserap oleh tubuh sangatlah penting untuk modal tumbuh dan berkembangnya anak,” ujar ibu dua orang anak itu.

Sebagai langkah percontohan, Arumi Bachsin pun melakukan sarapan roti bersama puluhan anak-anak usia PAUD dari seluruh Sumenep secara simbolis. Dengan antusias anak-anak mengikuti instruksinya.

"Jadi pastikan sarapan harus yang padat bernutrisi supaya anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang sesempurna mungkin,” pesannya.

Turut memeriahkan acara pagi itu Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Ketua TP PKK Kab. Sumenep, Forkopimda Kab. Sumenep dan ribuan masyarakat Sumenep. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...