Selasa, 04 Agustus 2020 23:28

Cegah Stunting, Arumi Ajak Masyarakat Galakkan Sarapan Padat Bernutrisi

Senin, 22 Juli 2019 00:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Cegah Stunting, Arumi Ajak Masyarakat Galakkan Sarapan Padat Bernutrisi
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Dardak memberikan sambutan di acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi Serta launching Digital School di Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk terus menggalakkan kegiatan sarapan padat bernutrisi. Ajakan itu disampaikan agar persoalan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak di Jatim dapat dicegah.

Hal tersebut disampaikan Arumi Bachsin saat menghadiri acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi di Area Taman Bunga Alun-alun Kabupaten Sumenep, Ahad (21/7).

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak yang hari itu tampil kasual serba putih itu menjelaskan, bahwa faktor utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan nutrisi pada anak-anak. Sehingga kekurangan tersebut menyebabkan terlambat atau gagalnya masa pertumbuhan.

“Stunting itu adalah kegagalan pertumbuhan atau keterlambatan pertumbuhan yang salah satu faktornya adalah kurangnya nutrisi yang akut. Sehingga yang seharusnya bisa bertumbuh tinggi dan pintar menjadi kurang,” jelas Arumi di hadapan masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut dijelaskan, memberikan asupan nutrisi di pagi hari kepada anak-anak dinilainya sangat penting sekali. Setelah mereka tidur selama kurang lebih 10 jam, anak-anak secara tidak langsung juga melakukan puasa. Sehingga makanan yang pertama kali masuk harusnya padat nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh.

“Sarapan adalah salah satu asupan paling penting dalam sehari. Sehingga nutrisi pertama yang diserap oleh tubuh sangatlah penting untuk modal tumbuh dan berkembangnya anak,” ujar ibu dua orang anak itu.

Sebagai langkah percontohan, Arumi Bachsin pun melakukan sarapan roti bersama puluhan anak-anak usia PAUD dari seluruh Sumenep secara simbolis. Dengan antusias anak-anak mengikuti instruksinya.

"Jadi pastikan sarapan harus yang padat bernutrisi supaya anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang sesempurna mungkin,” pesannya.

Turut memeriahkan acara pagi itu Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Ketua TP PKK Kab. Sumenep, Forkopimda Kab. Sumenep dan ribuan masyarakat Sumenep. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...