AMD dan TMMD, Nama Boleh Beda Tujuan Tetap Sama

AMD dan TMMD, Nama Boleh Beda Tujuan Tetap Sama

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Sejalan dengan pergerakan waktu, TMMD tahun 2019 sudah yang ke-105, di mana diketahui di masa lalu sekitar tahun 80-an program ini terkenal dengan sebutan AMD.

Seiring perkembangan waktu dengan adanya Reformasi ABRI, dengan dipisahkannya Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan TNI pada tanggal 1 April 1999, ABRI Masuk Desa (AMD) berubah nama menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Perubahan ini ternyata tidak merubah tujuan awal dari dicetuskannya pelaksanaan AMD untuk pertama kalinya. Selain untuk lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan, dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Kesetiaan TNI kepada rakyat telah dibuktikan dengan kesungguhan dan keberhasilan TNI dalam melaksnakan tugas-tugas baik tugas operasi tempur dan juga non tempur. Tugas dari Negara non tempur khususnya yang mana TNI merupakan bagian dari rakyat Indonesia ikut bertanggungjawab dalam pencapaian keberhasilan pembangunan Nasional guna mewujudkan tujuan Nasional.

Pembangunan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia harus menyentuh seluruh masyarakat Indonesia sampai di wilayah terpencil (terisolasi) sekalipun. Sehingga menuntut keikut sertaan dan kiprah TNI yakni dengan ikut aktif dalam Pembangunan Nasional, dengan menitik beratkan pada pembangunan di daerah-daerah pedesaan yang terpencil (terisolasi) di seluruh Indonesia.

Adanya TMMD ini bertujuan ingin membantu masyarakat khususnya rakyat Indonesia yang di mana daerahnya sulit untuk di lalui (terisolasi). Medan yang sulit, jalan yang sulit, maka itu Satgas TMMD datang untuk membantu masyarakat yang butuh uluran tangan.

Satgas TMMD ke-105 meliputi tiga unsur Matra TNI (AD, AL, dan AU) dan kodim 0828/Sampang. Sebagai Kodim yang mendapat amanat dari negara untuk membantu membangun dan menyejahterakan warga Dusun Karang Anyar Desa Karanganyar Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang.

Dengan sedikitnya 6 progam sasaran fisik dan beberapa sasaran non fisik Kodim 0828/Sampang. Berusaha dan harus mampu dan siap untuk membantu masyarakat Desa Karang Anyar, menjadi desa yang maju dan bisa dapat bersaing dengan daerah lainya. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO