Sabtu, 21 September 2019 10:47

Obok-obok Desa Sumberwringin, Tim Cobra Dapati Satu Rumah Miliki 3 Motor Bodong

Selasa, 16 Juli 2019 02:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Obok-obok Desa Sumberwringin, Tim Cobra Dapati Satu Rumah Miliki 3 Motor Bodong
Kapolres Lumajang saat menunjukkan motor bodong hasil operasi door to door di Desa Sumbeweringin, Kecamatan Klakah.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Operasi motor bodong door to door di Desa Sumberwringin, Kecamatan Klakah mendapatkan cerita yang unik. Pasalnya ada sebuah rumah yang terbilang mewah, dengan bangunan permanen dan halaman luas, tapi satu keluarga menggunakan motor bodong. Sebut saja kakak, adik, dan bibinya masing-masing memiliki 1 motor bodong.

Sumberwringin merupakan zona merah dalam catatan Polres Lumajang sehingga menyebabkan daerah ini sudah 4 kali disasar Tim Cobra. Total ada 20 kendaraan yang diamankan dalam operasi motor bodong hari ini, yang terdiri dari 18 motor, 1 kendaraan modifikasi roda tiga, dan 1 truck.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan sekitar 1 jam ini, Kapolres Lumajang berhasil menemukan motor bodong di salah satu rumah warga. Tak tanggung tanggung, ada 3 motor yang berada di rumah tersebut dan semuanya ternyata adalah motor bodong. Selain tak bisa menunjukan STNK dan BPKB, nomor rangka dan nomor mesin dari motor tersebut telah dirusak. Ketiga motor tersebut adalah Honda Beat Putih, Yamaha Vega yang telah dirubah menjadi trail, serta Yamaha Vega R warna hitam-biru.

Saat ditanya Kapolres, pemilik sempat berkelit bahwa motor tersebut adalah milik kakaknya yang sedang bepergian. Namun setelah didesak, iapun mengakui bahwa motor tersebut adalah miliknya.

Kecurigaan Kapolres bermula saat melihat kunci kontak motor tersebut yang ternyata telah rusak. Petugas yang berusaha mengecek nomor rangka dan nomor mesin pun dibuat kaget setelah melihat ternyata sudah digosok oleh sang pemilik. Tak sampai di situ, saat plat nomor kendaraan tersebut ditelusuri, ternyata yang dipakai merupakan identitas kendaraan dari wilayah Pasuruan.

Dalam pernyataannya, Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengingatkan masyarakat agar tak tergiur dengan harga murah motor bodong. "Jangan sampai tergiur dengan harga murah motor bodong, karena di balik motor bodong yang anda miliki sebenarnya ada pemiliknya yang sah. Proses mendapatkan motor tersebut sebelum sampai ke tangan kalian, mungkin dari hasil begal. Dalam prosesnya mungkin ada yang terluka, ada yang trauma, atau bahkan ada yang meninggal dunia karena dibegal. Jadi kita harus memikirkan nasib mereka juga," katanya.

"Hari ini saya sangat kaget mendapati dalam satu keluarga, semuanya menggunakan motor bodong. total ada 3 motor bodong yang saya dapati dalam satu rumah. Padahal rumahnya tergolong mewah. Kakak, adik, bibi semuanya pake motor bodong," katanya.

Pihaknya akan terus melakukan operasi secara terus menerus sehingga mempersempit gerak pelaku maupun penadah motor bodong. "Operasi motor bodong door to door akan saya lanjutkan terus. Saya ingin memutus mata rantai begal dan curanmor. Secara ekonomi, semakin tinggi permintaan maka suplainya akan meningkat. Jadi kalau permintaan motor bodong tinggi, maka suplai motor bodong juga meningkat. Masalahnya, suplai motor bodong berasal dari proses begal maupun curanmor. Sehingga untuk memutus mata rantai begal dan curanmor, bisa kita tekan dipermintaannya. Kalau tidak ada peminat, dengan sendirinya begal maupun curanmor akan hilang,” ungkap Arsal. (ron/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...