Senin, 09 Desember 2019 00:51

Wabup Dampingi Gubernur Jatim Tinjau PLTSa PT. Mega Surya Eratama

Senin, 15 Juli 2019 23:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Wabup Dampingi Gubernur Jatim Tinjau PLTSa PT. Mega Surya Eratama
Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi mendampingi Gubernur Khofifah di PT. Mega Surya Eratama Kecamatan Ngoro.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - PT. Mega Surya Eratama Kecamatan Ngoro bakal mengolah limbah plastik sebagai tenaga alternatif pembangkit listrik. Industri yang bergerak di bidang kertas ini juga disebut-sebut sebagai inisiator pertama pemanfaatan limbah plastik menjadi energi listrik.

Hal ini dibahas bersama pada kesempatan kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dengan didampingi langsung Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi dan Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Senin (15/7) siang di PT. Mega Surya Eratama Kecamatan Ngoro.

“Di sini kita akan pantau bagaimana pengelolaan limbah plastik menjadi listrik. Ini adalah bentuk renewable power plant energy. Rencananya akan beroperasi awal Agustus,” terang Khofifah.

Khofifah juga membahas peraturan pengelolaan sampah, yang kini tengah digodok dalam Perda di DPRD. Ia berharap mimpi untuk mewujudkan dan mendapatkan energi non fosil berbasis PLTSa bisa segara terealisasi.

“Kita harap pengelolaan sampah basah ada di angka 16,8 pesen di tahun 2025, untuk mendapatkan energi nonfosil berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa),” tegas orang nomor satu di Jawa Timur.

Siswanto, Dirut PT. Mega Surya Eratama, pada kesempatan ini juga menjelaskan secara teknis proses produksi hingga bahan baku yang diperoleh.

“Bahan baku 80 persen kami dapat dari import. Seperti Inggris, Australia, Amerika, Singapura, dan negara-negara Eropa. Sedang 20 persen sisanya dari lokal. Produksi kita di sini dilaksanakan di atas lahan seluas 29 hektar. Kini sudah kita kembangkan 40 hektar,” tuturnya.

Jawa Timur sendiri tercatat sebagai penghasil limbah plastik ke-tiga terbesar di dunia. Fakta ini tentu menjadi catatan dan PR bersama, terkait bagaimana bisa menekan dan memaksimalkan kondisi tersebut. (yep/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...